KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multi Kasus di MTs Negeri Bandung dan SMP Negeri 1 Tulungagung)

NAHARIN SUROYYA, 17501164014 (2018) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multi Kasus di MTs Negeri Bandung dan SMP Negeri 1 Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (701kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (491kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multi Kasus MTsN Bandung dan SMPN 1 Tulungagung)” ini ditulis oleh Naharin Suroyya dengan dibimbing oleh Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd. I dan Dr. H. Ahmad Tanzeh, M. Pd. I. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Mutu Pendidikan. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa keberadaan kepala sekolah pada sebuah lembaga pendidikan memiliki tanggungjawab untuk mampu mentransformasikan sumber daya insani dan non insani menjadi wujud nyata yang bermanfaat. Kemampuan melakukan transformasi dimiliki oleh kepala sekolah yang memiliki gaya kepemimpinan transformasional. Kehadiran kepemimpinan transformasional kepala sekolah melalui kemampuan mengimplementasikan visi dan misi, memberikan dorongan yang menginspirasi, mengembangkan ide kreatif dan memberikan perhatian individu dapat menggerakkan seluruh warga sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana kemampuan kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Bandung dan SMPN 1 Tulungagung?; (2) Bagaimana kemampuan kepala sekolah memberikan dorongan yang menginspirasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Bandung dan SMPN 1 Tulungagung?; (3) Bagaimana kemampuan kepala sekolah mengembangkan ide kreatif dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Bandung dan SMPN 1 Tulungagung?; (4) Bagaimana kemampuan kepala sekolah memberikan perhatian individu dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Bandung dan SMPN 1 Tulungagung?. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis data individu dan analisis lintas kasus. Pengecekkan keabsahan data dengan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Kemampuan kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Bandung dan SMPN 1 Tulungagung tercermin dari perilaku kepala sekolah dalam penyusunan visi dan misi sekolah dengan diskusi bersama, pembuatan program pendidikan dengan berpedoman pada standar mutu pendidikan, mengedepankan keteladanan dan menggerakkan warga sekolah ikut serta untuk meningkatkan mutu pendidikan; (2) Kemampuan kepala sekolah memberikan dorongan yang menginspirasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Bandung dan SMPN 1 Tulungagung dapat diketahui dari perilaku kepala sekolah dalam menumbuhkan inspirasi melalui kisah-kisah inspiratif para pejuang, pemberian contoh dalam menjalankan organisasi dan mendorong untuk meningkatkan kualitas kerja; (3) Kemampuan kepala sekolah mengembangkan ide kreatif dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Bandung dan SMPN 1 Tulungagung tercermin dari perilaku kepala sekolah dalam membudayakan penyelesaian masalah melalui sistem diskusi, menerima saran, kritik dan ide baru yang berguna bagi perkembangan sekolah, serta memberikan dukungan guru dan karyawan untuk mengembangkan produktivitas kerja melalui pembinaan yang disesuaikan dengan kebutuhan; (4) Kemampuan kepala sekolah memberikan perhatian individu dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Bandung dan SMPN 1 Tulungagung tercermin dari perilaku kepala sekolah dalam memberikan reward bagi warga sekolah yang berprestasi, memberikan teguran secara lisan dan santun bagi warga sekolah yang melakukan kesalahan, membangun komunikasi dan menjalin silaturrahmi sebagai cara membangun ikatan emosional kepada seluruh warga sekolah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 2833123010 NAHARIN SUROYYA
Date Deposited: 16 Jul 2018 04:42
Last Modified: 16 Jul 2018 04:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8163

Actions (login required)

View Item View Item