Intan Kurniawati, 1724143113 (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (810kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (339kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (668kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (717kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (345kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Pemahaman Konseptual Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Intan Kurniawati, NIM 1724143113, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika (TMT). Dosen Pembimbing Ummu Sholihah, S.Pd.,M.Si. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Probing Prompting, Pemahaman Konseptual, Hasil belajar. Fenomena kurangnya partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran dan kemampuan siswa untuk mengkontruksi materi yang telah dipelajari ke materi berikutnya masih rendah karena kurangnya kemampuan siswa dalam memahami sebuah konsep dari materi yang diajarkan. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran yang menempatkan matematika sebagai fakta yang harus dihafal. Oleh karena itu, diperlukan sebuah metode pembelajaran yang membuat siswa dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran serta mampu menempatkan bahwa matematika sebagai suatu rangkaian konsep yang harus dipahami. Metode yang bisa diterapkan salah satunya adalah metode pembelajaran probing prompting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Adanya pengaruh metode pembelajaran probing prompting terhadap pemahaman konseptual siswa pada materi teorema pythagoras kelas VIII MTsN 1 Tulungagung, 2) Adanya pengaruh metode pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar siswa pada materi teorema pythagoras kelas VIII MTsN 1 Tulungagung, dan 3) Adanya pengaruh metode pembelajaran probing prompting terhadap pemahaman konseptual dan hasil belajar siswa pada materi teorema pythagoras kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dimana populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. Teknik pengumpulan datanya melalui tes dan analisis data yang digunakan adalah uji t-test dan uji MANOVA (multivariate test). Hasil dari penelitian didapatkan: 1) Berdasarkan perhitungan data tes diperoleh nilai t hitung > t tabel (2.553 > 1.667) pada taraf signifikan 0.05 dan diperoleh nilai sig. 0.013 < 0.05, maka tolak H0 artinya Ada pengaruh metode pembelajaran probing prompting terhadap pemahaman konseptual siswa pada materi teorema pythagoras kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. 2) Berdasakan perhitungan data tes diperoleh nilai t hitung > t tabel (6.261 > 1.667) pada taraf signifikansi 0.05 dan nilai sig. 0.000 < 0.05, maka tolak H0 artinya Ada pengaruh metode pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar siswa pada materi teorema pythagoras kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. 3) Berdasarkan hasil perhitungan data tes diperoleh nilai f hitung > f tabel ( 19.509 > 3.14) taraf signifikansi 0.05 dan pada uji Pillai’ Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root diperoleh nilai sig. 0.000 < 0.05, maka tolak H0 artinya Ada pengaruh metode pembelajaran probing prompting terhadap pemahaman konseptual dan hasil belajar siswa pada materi teorema pythagoras kelas VIII MTsN 1 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143113 Intan Kurniawati |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 03:42 |
Last Modified: | 06 Aug 2018 03:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8167 |
Actions (login required)
View Item |