PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS V MIN 14 KABUPATEN BLITAR

RIZQI AMALIA, 1725143258 (2018) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS V MIN 14 KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (591kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (335kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (894kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Rizqi Amalia, NIM. 1725143258, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung. Kata kunci: Metode Pembelajaran Role Playing, Motivasi Belajar Aqidah Akhlak, Hasil Belajar Aqidah Akhlak Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik rendah dikarenakan beberapa faktor. Diantara faktor tersebut adalah metode pembelajaran kurang menarik, siswa tidak terlibat dalam proses pembelajaran, serta siswa kurang termotivasi untuk belajar karena menganggap Aqidah Akhlak membosankan. Dengan demikian diperlukan inovasi baru dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan metode Role Playing. Metode Role Playing merupakan sandiwara tanpa naskah, tanpa latihan terlebih dahulu sehingga dilakukan secara spontan, masalah yang didramakan adalah mengenai situasi sosial tentang situasi sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi dan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar? (2) Adakah perbedaan metode Role Playing terhadap motivasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar?. (3) Adakah perbedaan metode Role Playing terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi dan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar. (2) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan metode Role Playing terhadap motivasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar. (3) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan metode Role Playing terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen, desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test dan uji Manova. Pada analisis data menggunakan Uji Manova menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,038. Sehingga terdapat pengaruh pada motivasi dan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Role Playing. Berdasarkan hasil Uji t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,001 < 0,05. Jadi terdapat perbedaan pada motivasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Role Playing. Berdasarkan hasil Uji t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,002. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,002 < 0,05. Jadi terdapat perbedaan pada hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Role Playing.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143258 RIZQI AMALIA
Date Deposited: 04 Jul 2018 02:59
Last Modified: 04 Jul 2018 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8193

Actions (login required)

View Item View Item