RIZQI AMALIA, 1725143258 (2018) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS V MIN 14 KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (591kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (287kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (335kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (894kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (50kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Rizqi Amalia, NIM. 1725143258, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung. Kata kunci: Metode Pembelajaran Role Playing, Motivasi Belajar Aqidah Akhlak, Hasil Belajar Aqidah Akhlak Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik rendah dikarenakan beberapa faktor. Diantara faktor tersebut adalah metode pembelajaran kurang menarik, siswa tidak terlibat dalam proses pembelajaran, serta siswa kurang termotivasi untuk belajar karena menganggap Aqidah Akhlak membosankan. Dengan demikian diperlukan inovasi baru dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan metode Role Playing. Metode Role Playing merupakan sandiwara tanpa naskah, tanpa latihan terlebih dahulu sehingga dilakukan secara spontan, masalah yang didramakan adalah mengenai situasi sosial tentang situasi sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi dan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar? (2) Adakah perbedaan metode Role Playing terhadap motivasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar?. (3) Adakah perbedaan metode Role Playing terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi dan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar. (2) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan metode Role Playing terhadap motivasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar. (3) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan metode Role Playing terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen, desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 14 Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test dan uji Manova. Pada analisis data menggunakan Uji Manova menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,038. Sehingga terdapat pengaruh pada motivasi dan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Role Playing. Berdasarkan hasil Uji t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,001 < 0,05. Jadi terdapat perbedaan pada motivasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Role Playing. Berdasarkan hasil Uji t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,002. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,002 < 0,05. Jadi terdapat perbedaan pada hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Role Playing.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143258 RIZQI AMALIA |
Date Deposited: | 04 Jul 2018 02:59 |
Last Modified: | 04 Jul 2018 02:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8193 |
Actions (login required)
View Item |