MUKLIS, M. NANANG KHANAFI (2011) Pembelajaran merupakan upaya penataan lingkungan yang memberi nuansa agar program belajar tumbuh dan berkembang secara optimal. [ Skripsi ]
Text
Abstrak.doc Download (28kB) |
|
Text
bab 1.doc Download (56kB) |
|
Text
bab 2.doc Download (105kB) |
|
Text
bab 3.doc Download (68kB) |
|
Text
bab 4.doc Download (161kB) |
|
Text
bab 5.doc Download (54kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (27kB) |
|
Text
Cover.doc Download (158kB) |
Abstract
Salah satu penentu keberhasilan suatu pembelajaran adalah model atau cara penyampaian materi. Jadi suatu pembelajaran dikatakan berhasil jika tujuan dari pembelajaran itu tercapai. Walaupun banyak faktor yang mempengaruhi tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran, tetapi model pembelajaran merupakan faktor yang penting, yang menentukan tercapai tidaknya tujuan tersebut. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, maka guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan model pembelajaran agar siswa merasa tertarik dan aktif mengikuti pembelajaran serta pemahaman terhadap materi yang dipelajari bisa maksimal. Rumusan Masalah : 1) Bagaimana aplikasi pendidikan agama Islam melalui permainan pazzle? 2) Bagaimana aplikasi pendidikan agama Islam melalui permainan teka–teki silang? 3) Bagaimana aplikasi pendidikan agama Islam melalui permainan kuis? Tujuan Penelitian 1) Untuk mengetahui sejauh mana hasil aplikasi pengajaran pendidikan agama Islam melalui permainan, 2) Untuk mengetahui pemahaman anak didik terhadap aplikasi pengajaran pendidikan agama Islam melalui permainan. 3) Untuk mengetahui kemampuan menghayati terhadap aplikasi pendidikan agama Islam melalui permainan. Hasil Penelitian : Aplikasi pendidikan agama Islam melalui permainan pazzle. Secara umum guru Pendidikan Agama Islam yang ada di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung, menggunakan metode ceramah, karena dirasa paling efektif dan efisien. Disamping itu sekali juga ada yang menggunakan metode tanya jawan, resitasi, demonstrasi dan diskusi. Dari bermacam-macam metode tersebut yang paling sulit dilaksanakan adalah metode demonstrasi. Hal ini terjadi karena memang fasilitas yang ada kurang memadai. Dan metode puzzle membuat anak anak jadi menyukai mata pelajaran yang diajarkan oleh guru. Aplikasi pendidikan agama Islam melalui permainan teka–teki silang. Dalam lembaga pendidikan antara bidang administrasi dan edukasi tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling menunjang dalam keberhasilan pendidikan. Namun dalam pelaksanaanya keseluruhannya tidak dikelola satu orang agar dapat mencapai hasil yang optimal dalam pengelolaanya. Dengan metode permaianan teka-teki silang membuat anak anak jadi menyukai mata pelajaran yang diajarkan oleh guru. Aplikasi pendidikan agama Islam melalui permainan kuis. Aplikasi pendidikan agama Islam melalui permainan kuis berdasarkan kenyataan bahwa siswa sangat senang dengan metode ini.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jan 2015 07:04 |
Last Modified: | 26 Jan 2015 07:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/820 |
Actions (login required)
View Item |