Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK PGRI 3 Tulungagung

Misbahul, Munir, (2012) Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK PGRI 3 Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (80kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (110kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (117kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (31kB)
[img] Text
COVER.doc

Download (79kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata-kata kunci: Strategi, Contextual Teaching and Learning (CTL), PAI Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh Tantangan terhadap peningkatan mutu dan efektivitas pendidikan sebagai tuntunan nasional sejalan dengan perkembangan dan kemajuan masyarakat, berimplikasi secara nyata dalam program pendidikan dan kurikulum sekolah. Pemilihan model pembelajaran yang benar-benar sesuai sangat dibutuhkan dalam pembelajaran yaitu CTL, karena berkaitan erat dengan keberhasilan pendidikan. Ada empat alasan penggunaan CTL yaitu: (a) ”adanya pandangan bahwa pengetahuan merupakan fakta yang harus dihafal; (b) adanya landasan filosofi konstruktivisme; (c) pengetahuan dan keterampilan harus ditemukan sendiri oleh siswa; dan (d) pengetahuan merupakan keterampilan yang dapat diterapkan Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini, 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK PGRI 3 Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK PGRI 3 Tulungagung? 3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK PGRI 3 Tulungagung? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Pembahasan hasil penelitian, 1) Perencanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMK PGRI 3 Tulungagung melalui persiapan yang cukup matang, Mulai dari penyusunan rencana pembelajaran, pemilihan metode yang sesuai, sampai pada proses pelaksanaannya dalam pembelajaran. Sehingga dengan adanya persiapan yang cukup matang maka pembelajaran PAI lebih bermakna dan kelas menjadi kelas yang hidup, sehingga siswa merasa senang, semangat dan tidak jenuh dalam mengikuti pelajaran PAI dan siwa akan mudah memahami materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. 2) Pelaksanaan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PAI di SMK PGRI 3 Tulungagung pada siswa terlaksana dengan baik, hal ini terbukti karena siswa-siswi kelas X mudah memahami materi yang diberikan. Selain itu siswa kelas X juga mengaku bahwa mereka tidak merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran PAI. Sehingga penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) tersebut akan menjadikan siswa lebih semangat dalam proses pembelajaran PAI dan siswa terdorong untuk berlomba-lomba dalam mendapatkan nilai yang bagus, sehingga dengan begitu hasil belajar yang diperoleh siswa lebih bagus dan meningkat serta lebih memuaskan. 3) Faktor pendukung dari penerapan contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK PGRI 3 Tulungagung yaitu a. kemampuan guru terbukti Terkontrolnya kegiatan instruksional guru hasil supervisi Kepala Sekolah yang terprogram. b. siswa, Adanya antusias yang tinggi dari siswa dan Adanya persiapan siswa sebelum pembelajaran dimulai c. sarana dan prasarana seperti: Penyediaan media pembelajaran yang cukup memadai, meskipun tidak begitu lengkap tetapi bisa digunakan untuk menunjang proses pembelajaran d. Kepala sekolah hal ini terbukti kepala sekolah seminggu sekali melakukan pengawasan evaluasi terhadap kinerja guru. Sedangkan faktor penghambat dari penerapan contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas di SMK PGRI 3 Tulungagung adalah Ada a.sebagian guru yang menggunakan model pembelajaran yang monoton dengan persiapan yang kurang matang b. Kurangnya waktu untuk melakukan tindak lanjut pelajaran yang sudah disampaikan c. Terkadang siswa tidak melaksnakan tugasnya d. Bagi anak yang kurang memiliki kreatifitas, bisa menjadi beban terhadap tugas yang diberikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 07:19
Last Modified: 26 Jan 2015 07:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item