AHMAD DURORUL HUDA, 1721143024 (2018) UPAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK SIKAP TAWADHU SISWA DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017 / 2018. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (261kB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (262kB) |
||
|
Text
Daftar isi.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (296kB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Download (311kB) |
||
Text
Bab V.pdf Download (286kB) |
||
Text
Bab VI.pdf Download (161kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (222kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Sekolah Dalam Membentuk Sikap Tawadhu Siswa Di MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2017 / 2018” ini ditulis oleh Ahmad Durorul Huda, NIM. 1721143024, pembimbing Hj. St. Noer Farida Laila, MA. Kata Kunci: Upaya Sekolah, Sikap Tawadhu Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa adanya kecenderungan siswa yang mempunyai sikap “anti sosial” ditandai dengan sering membolos, diskors dari sekolah dan lain sebagainya, itu dikarenakan tidak pernah menghiraukan dan mendengarkan saran maupun nasehat dari guru. Maka hal itu sangat diperlukan adanya perhatian orang tua dan lembaga pedidikan apabila di sekolah, karena apabila dibiarkan akan merugikan berbagai pihak. Bagi lingkungan sekolah akan menghambat proses pembelajaran serta akan mengganggu atau menghambat proses pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini difokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu: (1) Upaya Sekolah dalam Membentuk Sikap Tawadhu Siswa Kepada Guru di MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018 ? (2) Upaya Sekolah dalam Membentuk Sikap Tawadhu Siswa Kepada Ulama’ di MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018 ? (3) Upaya Sekolah dalam Membentuk Sikap Tawadhu Siswa Kepada Sesama Teman di MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) siswa dapat memiliki sikap tawadhu kepada gurunya dalam pembelajaran, (2) siswa dapat memiliki sikap tawadhu kepada ulama’ atau kyai dalam kehidupan sehari-hari, (3) siswa dapat memiliki sikap tawadhu kepada sesama teman dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata dan tindakan, yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipan pasif dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan, antara lain dilakukan dengan memperpanjang pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama, upaya sekolah dalam membentuk sikap tawadhu siswa kepada guru adalah melalui keteladanan yang dicontohkan langsung oleh guru, pembiasaan berjabat tangan, nasehat. Kedua, upaya sekolah dalam membentuk sikap tawadhu siswa kepada ulama’ adalah melalui keteladanan dan nasehat. Ketiga, upaya sekolah dalam membentuk sikap tawadhu siswa kepada sesama teman adalah melalui keteladanan antar sesama guru.dan kegiatan pembiasaan 5S dan 9K.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143024 AHMAD DURORUL HUDA |
Date Deposited: | 10 Jul 2018 07:58 |
Last Modified: | 10 Jul 2018 07:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8262 |
Actions (login required)
View Item |