PENGARUH METODE GRAMATIKA TERJEMAH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG

WAHYU ISTIFADAH, 1725143302 (2018) PENGARUH METODE GRAMATIKA TERJEMAH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Gramatika Terjemah Terhadap Minat dan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Tulungagung ” ini ditulis oleh Wahyu Istifadah, NIM 1725143302, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd. Kata Kunci: Metode Gramatika Terjemah, Minat Belajar Bahasa Arab Peserta didik, Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi bahwasanya metode pembelajaran merupakan suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran. Karena salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Setelah timbulnya minat belajar, maka hasil belajar peserta didik juga akan meningkat. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya penggunaan metode pembelajaran yang tepat guna meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh metode gramatika terjemah terhadap minat belajar Bahasa Arab peserta didik kelas IV MIN 1 Tulungagung dalam materi jenis-jenis profesi?; (2) Adakah pengaruh metode gramatika terjemah terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas IV MIN 1 Tulungagung dalam materi jenis-jenis profesi?; dan (3) Adakah pengaruh metode gramatika terjemah terhadap minat dan hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas IV MIN 1 Tulungagung dalam materi jenis-jenis profesi?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan atau tidak metode gramatika terjemah dengan minat belajar bahasa arab peserta didik (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan atau tidak metode gramatika terjemah dengan hasil belajar bahasa arab peserta didik (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan atau tidak metode gramatika terjemah dengan minat dan hasil belajar bahasa arab peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A dan IV B MIN 1 Tulungagung yang berjumlah 62 peserta didik. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket/kuesioner dengan sejumlah instrumen pernyataan yang telah dipersiapkan dan memberikan soal tes. Validasi instrumen menggunakan validasi ahli,yaitu validasi dosen pembimbing, validasi dari dosen Bahasa Arab IAIN Tulungagung, dan validasi dari guru Bahasa Arab MIN 1 Tulungagung. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis adalah dengan menggunakan uji prasyarat (homogenitas dan normalitas) dan independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) terdapat pengaruh yang signifikan metode gramatika terjemah terhadap minat belajar Bahasa Arab peserta didik, yaitu diperoleh nilai (0.004) < (5% = 1.990). Karena signifikansi < 0.05, maka H0 ditolak, berarti Hₐ diterima, (2) terdapat pengaruh yang signifikan metode gramatika terjemah terhadap hasil belajar Bahasa Arab peserta didik, yaitu diperoleh nilai (0.004) < (5% = 1.990) dengan nilai signifikansi 0,000. Karena signifikansi < 0,05, maka H0 ditolak, berarti Hₐ diterima, (3) terdapat pengaruh yang signifikan metode gramatika terjemah terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Arab peserta didik, yaitu diperoleh nilai (0.004) < (5% = 1.990). Karena signifikansi < 0.05, maka H0 ditolak, berarti Hₐ diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143302 WAHYU ISTIFADAH
Date Deposited: 19 Jul 2018 03:54
Last Modified: 19 Jul 2018 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8344

Actions (login required)

View Item View Item