DIANA SURYANINGRUM, 2823133169 (2018) PERANAN CUSTOMER SERVICE DAN PERSONAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH DAN LOYALITAS NASABAH PADA BAITUL MAAL WATTAMWIL PAHLAWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (304kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (203kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (247kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (148kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (55kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (96kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peranan Customer Service dan Personal Marketing Dalam Meningkatkan Jumlah dan Loyalitas Nasabah pada BMT Pahlawan Tulungagung” ini ditulis oleh Diana Suryaningrum, NIM 2823133169, Jurusan Perbankan Syari’ah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam dan dibimbing oleh Dr. Nur Aini Latifah, SE.MM. Skripsi ini dilatar belakangi oleh tingginya tingkat persaingan, serta nasabah yang semakin selektif mengharuskan lembaga keuangan memiliki suatu strategi sebagai usaha untuk menarik minat serta mempertahankan loyalitas nasabah. Strategi yang diterapkan tidak lepas dari peran seorang personal marketing dan customer service yang keduanya merupakan peran penting sebagai jembatan antara nasabah dengan lembaga keuangan. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui strategi peranan customer service dan personal markrting dalam meningkatkan jumlah dan loyalitas nasabah di BMT Pahlawan Tulungagung. Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah, 1). Bagaimana strategi pelayanan customer service dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT Pahlawan Tulungagung? 2). Apa upaya pelayanan customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah di BMT Pahlawan Tulungagung? 3). Bagaimana strategi personal marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT Pahlawan Tulungagung? 4.) Apa upaya personal marketing dalam meningkatkan loyalitas nasabah di BMT Pahlawan Tulungagung?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan upaya-upaya yang dilakukan customer service dan personal marketing dalam meningkatkan jumlah dan loyalitas nasabah di BMT Pahlawan Tulungagung. Skripsi ini diharapkan dapat nenberikan manfaat bagi BMT Pahlawan Tulungagung agar dapat meningkatkan kinerja karyawan. Selain itu penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan atau referensi bagi peneliti selanjutnya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam serta dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 1.) strategi pelayanan customer service dalam meningkatkan jumlah nasabah adalah dengan cara berkomunikasi dengan nasabah dengan baik dan sopan serta menawarkan produk-produk BMT Pahlawan kepada nasabah yang datang agar mengajak rekan-rekannya bergabung dengan BMT Pahlawan. 2.) Upaya pelayanan customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah adalah dengan menerapkan sistem pelayanan 3 S (Senyum, Sapa, Salam) serta memberikan apresiasi kepada nasabah yang tidak memiliki pelanggaran. 3.) Strategi personal marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah adalah dengan menggunakan sistem promosi dor to dor bertamu dan bersilaturahmi ke masyarakat secara langsung . 4.) Upaya personal marketing dalam meningkatkan loyalitas nasabah dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan dan melakukan pendekatan emosional kepada nasabah. Kata kunci: Peranan Customer Service, Personal Marketing, Jumlah Nasabah, Loyalitas Nasabah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 2823133169 DIANA SURYANINGRUM |
Date Deposited: | 31 Jul 2018 02:23 |
Last Modified: | 31 Jul 2018 02:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8481 |
Actions (login required)
View Item |