Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun 2011/ 2012

Budiman, Aris (2012) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun 2011/ 2012. [ Skripsi ]

[img] Text
2. Daftar Isi.docx

Download (179kB)
[img] Text
3. BAB I-V.docx

Download (236kB)
[img] Text
4. Daftar Rujukan.docx

Download (30kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Persepsi Siswa, Kepribadian Guru PAI, Minat Belajar PAI. Masalah pokok yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengaruh antara persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI terhadap minat belajar PAI. Pengaruh antara persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI terhadap minat belajar PAI adalah suatu anggapan atau persepsi yang ada di dalam benak siswa/ murid tentang guru, yang dalam hal ini Guru Pendidikan Agama Islam, yang selanjutnya adakah pengaruh persepsi tersebut terhadap minat siswa dalam belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI di SMP Negeri 1 Sumbergempol?, 2) Bagaimana minat belajar PAI siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol?, 3) Adakah pengaruh antara persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI terhadap minat belajar PAI siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI di SMP Negeri 1 Sumbergempol., 2) Untuk mengetahui minat belajar PAI siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol., 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh antara persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI terhadap minat belajar PAI siswa Kelas VII SMP N 1 Sumbergempol. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung Kelas VII pada Bulan April Sampai dengan bulan Juni 2011. Data persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI dan minat belajar PAI siswa Kelas VII diperoleh dari angket. Angket diberikan kepada 66 siswa dengan 20 butir soal angket untuk persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI dan 20 butir soal angket untuk minat belajar PAI siswa Kelas VII dengan pilihan jawaban ada favourable dan unfavourable (Sangat Sesuai, Sesuai, Ragu-ragu, Tidak Sesuai dan Sangat Tidak Sesuai) untuk masing-masing variabel. Setelah itu angket dianalis untuk mencari nilai angket siswa. Berdasarkan dari analisis data didapatkan: 1) Rata-rata persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2011/2012 dalam kategori sedang., 2) Rata-rata minat belajar PAI siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2011/2012 dalam kategori sedang., 3) Dengan membandingkan harga F empirik dengan F teoritik yang terdapat dalam tabel nilai-nilai F, maka dapat dibuktikan bahwa F empirik yaitu 16,17 lebih besar dari pada F teoritiknya baik 4,00 pada taraf 5% maupun 7,08 pada taraf 1%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 03:19
Last Modified: 28 Jan 2015 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/860

Actions (login required)

View Item View Item