M. HUSEINNURDIANSYAH, 1721143220 (2018) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PAI DI SMP ISLAM MIA (MA'HADUL 'ILMI WAL 'AMAL) TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (996kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (239kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (317kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran PAI Di SMP Islam MIA” ditulis oleh M. Huseinnurdiansyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam dibimbing oleh Dr. H. Nur Kholis, M.Pd. Kata Kunci : Upaya Guru, Pembelajaran Belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu. Seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan dalam pengalaman teoretis tapi juga harus memiliki kemampuan praktis. Metode, model dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan siswanya adalah kunci utama dari keberhasilan belajar mengajar. Fokus penelitian pada skripsi ini; 1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pemahaman materi PAI di SMP Islam MIA?, 2) Bagaimana upaya guru dalam merubah perilaku siswa sesuai nilai-nilai islam di SMP Islam MIA. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Meningkatkan pemahaman materi PAI di SMP Islam MIA, 2) Merubah perilaku siswa sesuai nilai-nilai islam di SMP Islam MIA. Metode penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini di SMP Islam MIA. Data penelitian ini adalah upaya guru dalam meningkatkan pemahaman materi PAI di SMP Islam MIA, upaya guru dalam meningkatkan kemampuan sikap positif siswa di SMP Islam MIA dan upaya guru dalam merubah perilaku siswa sesuai nilai-nilai islam di SMP Islam MIA, sementara sumber data diperoleh dari responden seperti: kepala sekolah, guru dan waka kurikulum. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, kategorisasi, sintensisasi dan menyusun hipotesis kerja. Dan, pengecekan keabsahan temuan menggunakan teknik triagulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Pemahaman materi PAI siswa di SMP Islam MIA meningkat setelah guru memberikan contoh langsung kepada siswa dalam hal ibadah, seperti: melaksanakan sholat. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab, 2) Perilaku siswa di SMP Islam MIA berubah setelah guru memberikan teguran dan memberikan contoh langsung kepada siswa tentang berperilaku yang sesuai dengan nilai-nilai islam, seperti: berkata jujur, disiplin dan berakhlaqul karimah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S. Pd. 1721143220 M. HUSEINNURDIANSYAH |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 04:39 |
Last Modified: | 06 Aug 2018 04:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8740 |
Actions (login required)
View Item |