Mufidah, Abidatul (2010) Gaya Belajar Quantum Teaching dan Penerapannya dalam Pembelajaran PAI. [ Skripsi ]
Text
BAB I.doc Download (106kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (88kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (162kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (156kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (34kB) |
|
Text
COVER, DLL.doc Download (126kB) |
Abstract
Dalam penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh berkurangnya semangat belajar yang ada pada peserta didik terutama pelajaran agama ataupun pelajaran-pelajaran yang tidak menjadi standar kelulusan. Mereka menganggap sekolah adalah tempat yang mmbosankan dan banyak peraturan oleh sebab itu sudah menjadi kewajiban dan tugas gurulah untuk mengembalikan kecintaan anak didik terhadap sekolah. Dalam hal ini Quantum Teaching adalah salah satu metode yang bisa digunakan oleh guru untuk mengembalikan kecintaan mereka dalam belajar dan juga pada sekolah. Rumusan Masalah: 1. Apakah yang menjadi prinsip dari Quantum Teaching menurut Bobbi DePorter? 2. Bagaimana modalitas pembelajaran yang terdapat dalam Quantum Teaching menurut Bobbi DePorter? 3. Bagaimana rancangan pembelajaran Quantum Teaching menurut Bobbi DePorter dan penerapannya dalam pembelajaran PAI? Tujuan Kajian: 1. Untuk mengetahui apakah yang menjadi Prinsip Quantum Teaching, 2. Untuk menganalisis bagaimana modalitas pembelajaran yang terdapat dalam Quantum Teaching, 3. Untuk mendiskripsikan rancangan pembelajaran Quantum Teaching dan penerapannya dalam pembelajaran PAI. Kegunaan Kajian: 1. Teoritis, dapat dimanfaatkan sebagai sumbangan fikiran terhadap khasanah ilmiah tentang cara menjadi pendidik yang baik, berkualitas dan menyenangkan dan juga mampu membawa siswa pada semangat belajar yang tinggi sehingga siswa dapat meraih prestasi yang membanggakan. 2. Praktis, dapat bermanfaat bagi penulis maupun pembaca dalam mengetahui bagaimana sebenarnya Quantum Teaching itu diterapkan dalam pembelajaran PAI. 3. Bagi pengkaji berikutnya agar dapat bermanfaat sebagai petunjuk ataupun arahan, acuan dan bahan pertimbangan peneliti selanjutnya yang sesuai dengan kajian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research), dengan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu berupa buku asli Quantum Teaching dan sekunder yang berupa data-data yang diakses dari internet. Adapun teknik analisis data menggunakan metode Deskriptif Analisis, metode ini untuk menganalisis data yang terjadi sekarang. Kesimpulan yang diperoleh: 1.Quantum Teaching memiliki lima prinsip, atau kebenaran tetap. Serupa dengan Asas Utama, Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka, prinsip-prinsip ini mempengaruhi seluruh aspek Quantum Teaching. 2. Modalitas berarti cara termudah anda menyerap informasi. 3. Bobbi DePorter, menamai Kerangka Belajar dan Mengajar Interaktif lewat Quantum Teaching/Learning yang dikenal dengan TANDUR akronim dari : Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan. Penerapannya dalam PAI dapat dilihat melalui 8 kunci keunggulan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 28 Jan 2015 06:01 |
Last Modified: | 28 Jan 2015 06:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/897 |
Actions (login required)
View Item |