Rohman, Dwi Wahyu (2014) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Suasana Religius di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sutojayan Blitar Tahun 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
Sampul-Abstrak.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Suasana Religius Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa pendidikan agama Islam di sekolah sangatlah penting untuk pembinaan dan penyempurnaan pertumbuhan kepribadian anak didik, karena pendidikan agama melatih anak didik untuk melakukan ibadah yang diajarkan dalam agama. Perwujudan suasana religius di lingkungan sekolah perlu ditingkatkan demi meminimalisir tingkat kenakalan remaja di sekolah dan sekaligus juga menjadi media internalisasi nilai-nilai agama serta menjadi dasar dan pegangan anak didik dalam menghadapi perkembangan jaman yang banyak membawa pengaruh negatif sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana budaya religius yang diterapkan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan suasana religius di SMPN 1 Sutojayan Blitar? (2) Bagaimana proses kegiatan pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan suasana religius di SMPN 1 Sutojayan Blitar? (3) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan suasana religius di SMPN 1 Sutojayan Blitar? Skripsi ini adalah hasil penelitian kualitatif, sehingga data yang digunakan adalah data kualitatif. Sedangkan untuk metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil dari penelitian ini dapat disampaikan bahwasanya upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan suasana religius yang ditawarkan dalam pembahasan skripsi ini adalah dengan melaksanakan penerapan budaya religius di lingkungan sekolah melalui budaya berjabat tangan dan mengucap salam, membaca do’a dan surat-surat pendek Al-Qur’an, kultum pada hari Jum’at, sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, peringatan hari besar agama Islam, kegiatan pondok Ramadhan, infaq, istighosah dan do’a bersama. Peningkatan kegiatan pembelajaran dengan melakukan apersepsi, pemberian materi yang disertai dalil-dalil dan praktek ibadah, dan di akhiri dengan evaluasi pembelajaran. Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler bidang agama yaitu tartil Al-Qur’an dan Seni Baca Al-Qur’an (SBQ).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 23 Oct 2014 02:29 |
Last Modified: | 23 Oct 2014 02:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/90 |
Actions (login required)
View Item |