SURYA CIPTANING PUTRI, 1741143353 (2018) ANALISIS PROSEDUR PELAYANAN DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN HAJI DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BMT TASYRIKAH AGUNG (KSPPS BMT PETA) TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (347kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (156kB) |
||
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (299kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Prosedur Pelayanan dan Strategi Pemasaran Produk Simpanan Haji di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS BMT PETA) Tulungagung”. Penelitian ini ditulis oleh Surya Ciptaning Putri, NIM. 1741143353, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Dr. H. Dede Nurohman, M. Ag. Penelitian ini di latar belakangi karena adanya persaingan antar Koperasi Syariah saat ini, maka KSPPS BMT PETA menggunakan strategi pemasaran dengan mengeluarkan produk Simpanan Haji. Produk ini dibuat dalam rangka memberikan pelayanan yang memudahkan anggota untuk melakukan penyetoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sekaligus membantu kelancaran penyelenggaraan Ibadah Haji. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagimana prosedur pelayanan produk Simpanan Haji di KSPPS BMT PETA? (2) Bagaimana strategi pemasaran produk Simpanan Haji di KSPPS BMT PETA? (3) Apa saja kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk Simpanan Haji di KSPPS BMT PETA? (4) Bagaimana solusi yang dilakukan dalam menghadapi kendala tersebut? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di KSPPS BMT PETA prosedur pelayanan produk Simpanan Haji adalah anggota datang ke KSPPS BMT PETA menemui Customer Service, Customer Service mengisi formulir serta menerbitkan buku tabungan, anggota melakukan setoran awal ke Teller, kemudian Teller memvalidasi buku tabungan beserta slip setoran dan memberikan kepada anggota. Strategi pemasaran yang digunakan oleh KSPPS BMT PETA adalah dengan menggunakan brosur serta sosialisasi kepada jamaah. Sementara yang menjadi kendala memasarkan produk Simpanan Haji adalah tidak ada target untuk produk Simpanan Haji, perencanaan strategi yang kurang baik, promosi yang kurang optimal, kurangnya minat masyarakat terhadap produk Simpanan Haji, banyaknya lembaga yang menjual produk sejenis, kurang informasi dari pasar. Solusi dalam mengahadapi masalah tersebut harus ada target untuk Simpanan Haji, promosi yang dilakukan harus lebih mengutamakan Simpanan Haji, menambah media promosi, menawarkan kepada setiap nasabah tentang produk Simpanan Haji serta mengikuti info-info produk terbaru yang ada di pasar. Kata Kunci : Simpanan Haji, Prosedur Pelayanan, Strategi Pemasaran, Kendala Pemasaran, Solusi Menghadapi Kendala Tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 1741143353 Surya Ciptaning Putri |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 04:37 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 04:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9129 |
Actions (login required)
View Item |