Strategi Guru PAI dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an (tartil) di MTsN Langkapan Srengat Blitar

Anshori, Khoiril Anwar (2010) Strategi Guru PAI dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an (tartil) di MTsN Langkapan Srengat Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (40kB)
[img] Text
ape bab 1.doc

Download (117kB)
[img] Text
ape bab 2.doc

Download (192kB)
[img] Text
ape bab 3.doc

Download (54kB)
[img] Text
ape bab 5.doc

Download (43kB)
[img] Text
ape bab 4.doc

Download (157kB)
[img] Text
Daftar Rujuakan.doc

Download (46kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Membaca Al-Qur’an (tartil). Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam pada masa kini yang dihadapkan pada tantangan zaman yang lebih berat diantaranya adalah maraknya berbagai macam teknologi yang semakin canggih yang tidak secara langsung dapat mempengaruhi perkembangan mental dan pola pikir manusia. Dalam menghadapi tantangan terebut, di MTsN Langkapan seorang guru khususnya guru PAI berupaya semaksimal mungkin untuk dapat memberikan dorongan/motivasi kepada siswanya untuk tidak meninggalkan ajaran Islam seperti belajar membaca Al-Qur’an yang sekarang ini mulai luntur dikalangan anak-anak remaja. Sehingga kader-kader Islam diharapkan di masa depan memiliki ketangguhan IMTAQ seiring dengan perkembangan IPTEK yang pesat. Yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an (tartil) di MTsN Langkapan Srengat Blitar? (2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an (tartil)? (3) Bagaimana upaya guru PAI dalam menanamkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an (tartil) kepada siswa di MTsN Langkapan Srengat Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an di MTsN MTsN Langkapan Srengat Blitar. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an di MTsN MTsN Langkapan Srengat Blitar. (3) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam menanamkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an (tartil) kepada siswa di MTsN Langkapan Srengat Blitar. Skripsi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan dunia pendidikan pada umumnya untuk bahan referensi dalam rangka upaya guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an (tartil). Di MTsN Langkapan Srengat Blitar, sebagai sumbangan pemikiran baik bagi para guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu dianalisis secara induktif.Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa: 1). Adapun strategi guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an (tartil) di MTsN Langkapan bentuknya meliputi: Melalui pembiasaan, melalui pengawasan, pemberian poin/nilai, pemberian penghargaan/riward, pemberian hukuman, serta adanya bimbingan. 2). Ada beberapa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an (tartil) di MTsN Langkapan yaitu: (a) Faktor Pendukung: Adanya minat dari anak didik untuk mau belajar membaca Al-Qur’an, tersedianya fasilitas/ sarana dan prasarana yang dapat menunjang belajar membaca Al-Qur’an, adanya ekstra tilawatil qur’an untuk siswa yang mempunyai minat maupun kemampuan dalam hal baca Al-Qur’an, guru selain PAI turut membantu. (b) Faktor Penghambat: Kurang adanya kesadaran anak didik akan pentingnya belajar membaca Al-Qur’an, alokasi waktu, lingkungan dan keadaan ekonomi keluarga yang rendah sehingga anak didik tidak mendapat perhatian dan kontrol dari orang tua untuk belajar membaca Al-Qur’an. 3) Upaya dalam menanamkan motivasi membaca AlQur’an: Dengan mengadakan kerja sama sekolah dengan orang tua. Mengadakan kerja sama dengan madrasah diniah. Adanya bimbingan extra

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 06:55
Last Modified: 28 Jan 2015 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/913

Actions (login required)

View Item View Item