Upaya Guru Meningkatkan Kesadaran Siswa dalam Melaksanakan Shalat Dhuha Berjamaah di MTsN Langkapan Srengat Blitar

Alfi, Zuvita Ridhofatul (2010) Upaya Guru Meningkatkan Kesadaran Siswa dalam Melaksanakan Shalat Dhuha Berjamaah di MTsN Langkapan Srengat Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
02. BAB I PENDAHULUAN.doc

Download (53kB)
[img] Text
03. BAB II KAJIAN PUSTAKA.doc

Download (113kB)
[img] Text
04. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.doc

Download (49kB)
[img] Text
05. BAB IV LAPORAN HASIL PENELITIAN.doc

Download (213kB)
[img] Text
06. BAB V PENUTUP.doc

Download (29kB)
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (35kB)
[img] Text
01. SAMPUL-SAMPUL.doc

Download (560kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh peran guru di sekolah tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu pengetahuan saja, tetapi lebih penting pula membentuk watak dan pribadi anak didiknya dengan akhlak dan ajaran-ajaran Islam. Maka dari itu memberikan pendidikan shalat pada siswa menjadi tugas bagi guru karena sesungguhnya shalat adalah madrasah akhlak dan pelatihan aplikatif yang menanamkan semangat kedisiplinan dalam jiwa. Pendidikan shalat yang di berikan tidak hanya shalat wajib saja akan tetapi perlu juga ditanamkan kesadaran pada siswa untuk melaksanakan shalat sunnah termasuk diantaranya shalat dhuha karena masih banyak siswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya yang belum mengerti benar dan mengabaikan shalat sunnah khususnya shalat dhuha. Dalam menghadapi tantangan yang demikian, MTsN Langkapan Srengat Blitar merasa perlu mengadakan peningkatan-peningkatan dalam bidang pendidikan agama disamping juga pendidikan umumnya. Kader-kader Islami yang diharapkan oleh masa depan adalah yang mempunyai iptek tinggi dan imtaq kuat, sehingga nantinya mempunyai daya saing yang kuat. Pokok bahasan yang manjadi fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru dalam upaya meningkatkan kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaah di MTs N Langkapan Srengat Blitar? (2) Bagaiman pelaksanaan guru dalam upaya meningkatkan kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaaah di MTs N Langkapan Srengat Blitar? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam upaya meningkatkan kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaaah di MTs N Langkapan Srengat Blitar? Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan guru dalam upaya meningkatkan kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaah, pelaksanaan guru dalam upaya meningkatkan kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaaah di MTs N Langkapan Srengat Blitar, dan evaluasi guru dalam upaya meningkatkan kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaaah di MTs N Langkapan Srengat Blitar, Skripsi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya untuk bahan referensi dalam rangka upaya meningkatkan mutu pendidikan umum. Skripsi ini juga bermanfaat bagi mahasiswa atau khalayak, sebagai bahan pertimbangan untuk mengadakan penelitian tentang upaya peningkatan mutu pendidikan umum yang terjadi di tempat lain. Dan tentunya akan sangat menarik apabila dilakukan di STAIN Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu dianalisis secara induktif. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa, keadaan pendidikan umum yang ada di MTsN Lamgkapan Srengat Blitar sudah baik. Demikian halnya dengan kegiatan keagamaan juga sudah baik. Hal ini di buktikan dengan adanya kegiatan rutin shalat dhuha berjamaah dan membaca Al-Quran setiap pagi sebelum bel masuk sekolah. Adapun dalam upayanya guru meningkatkan kesadaran siswa dalam melaksanakan shalat dhuha di MTsN Langkapan Srengat Blitar yang di mulai dari perencanaannya adalah dengan di buatnya jadwal shalat dhuha, ditetapkan kebijakan waktu pelaksanaan shalat dhuha, serta memantapkan tujuan diadakannya shalat dhuha. Untuk pelaksanaan shalat dhuha adalah dengan memberikan pembinaan, sosialisasi dan pengawasan yang secara terus-menerus, memberlakukan absent, meningkatkan kerjasama antar sesame guru, serta membina hubungan baik dengan anak didik. Sedangkan dalam evaluasinya adalah dengan memberikan sanksi kepada siswa yang tidak mengikuti shalat dhuha tanpa alas an yang jelas, serta menjadikan shalat dhuha sebagai peraturan yang harus di patuhi setiap siswa. Penulis menyimpulkan bahwa peran serta penulis sangat menentukan validitas data. Paparan data hasil penelitian dan temuan penelitian adalah merupakan hasil analisis data.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 07:00
Last Modified: 28 Jan 2015 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item View Item