Students’ Strategies in Learning Vocabulary at MTsN Aryojeding

A. Rahayu Muti’atu, Masrurin, (2012) Students’ Strategies in Learning Vocabulary at MTsN Aryojeding. [ Skripsi ]

[img] Text
THESIS.docx

Download (304kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : strategi belajar, strategi belajar vocabulary, penguasaan vocabulary. Dalam belajar bahasa asing, kosakata mempunyai peran yang sangat penting. Kosakata adalah salah satu dari unsur bahasa yang menghubungkan empat skill, berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Agar dapat berkomunikasi menggunakan bahasa asing dengan baik, para siswa harus mempunyai kosakata yang memadai. Selain itu juga, mereka harus tahu bagaimana menggunakan kata- kata itu dengan benar. Akan tetapi, belajar kosakata bukanlah merupakan hal yang mudah. Karena siswa harus mengerti tidak hanya arti dari kosakata tersebut, akan tetapi juga harus tahu bagaimana cara pelafalan dan penggunaan kosakata tersebut dengan tepat. Masalah terbesar dalam belajar kosakata Bahasa Inggris adalah hampir sebagian besar para siswa dalam belajar kosakata Bahasa Inggris adalah mereka mudah lupa apa yang sudah mereka pelajari. Dengan kata lain, mereka mempunyai masalah dalam menghafal kosakata yang mereka telah pelajari. Selain itu, setiap siswa mempunyai karakter yang berbeda – beda. Akibatnya, mereka mempunyai strategi belajar yang berbeda yang sesuai dengan diri mereka sendiri. Itulah mengapa, strategi belajar kosakata Bahasa Inggris itu sangatlah penting. Hal itu diperlukan oleh para siswa untuk mempermudah mereka memahami dan mengingat kosakata yang mereka pelajari dengan menggunakan strategi belajar mereka sendiri yang lebih mudah dan menyenangkan bagi mereka. Jadi, mereka dapat mengontrol cara belajarnya, sehingga mereka dapat lebih bertanggung jawab dalam belajar, yang akhirnya membuat mereka menjadi pembelajar bahasa yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) apa sajakah strategi belajar kosakata Bahasa Inggris yang digunakan oleh para siswa yang mempunyai penguasaan kosakata yang baik di MTsN Aryojeding? 2) bagaimana strategi belajar kosakata yang mereka gunakan memberikan kontribusi untuk penguasaan kosakata mereka? Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) menggambarkan strategi belajar yang digunakan oleh para siswa MTsN Aryojeding yang mempunyai penguasaan kosakata Bahasa Inggris dengan baik. 2) mengetahui kontribusi dari strategi strategi belajar kosakata yang mereka terapkan dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Penemuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi secara teori maupun praktis. Secara teori, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang baik dalam dunia pengetahuan, terutama tentang pembelajaran dan pengajaran kosakata Bahasa Inggris. Pengetahuan tentang strategi belajar kosakata dapat membuat orang yang tertarik belajar Bahasa Inggris mengerti dan tahu tentang strategi belajar kosakata Bahasa Inggris yang tepat untuknya. Sedangkan secara praktis, penelitian ini sangat bermanfaat bagi para siswa dan guru Bahasa Inggris. Bagi siswa, mereka dapat mengembangkan dan menerapkan strategi belajar kosakata secara lebih mudah, dan menarik. Bahakan hal itu bisa membuat siswa menjadi pembeljar bahasa yang mandiri. Sementara itu, penelitian ini bermanfaat bagi guru Bahasa Inggris untuk bisa membuat materi dan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kaebutuhan para siswa. Hal itu juga bisa menjadi umpan balik untuk memotivasi untuk menciptakan strategi pembelajaran yang inovative bagi siswa. Subject dalam penelitian ini adalah siswa – siswa yang mempunyai kualifikasi dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris di MTsN Aryojeding. Data dalam penelitian ini adalah strategi belajar para siswa yang mempunyai penguasaan kosakata Bahasa Inggris yang baik dalam belajar kosakata Bahasa Inggris di MTsN Aryojeding, dan kontribusi dari strategi tersebut dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris mereka. Metod dalam pengumpulan data menggunakan : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah menggunakan metode induktif. Penemuan dari penelitian ini adalah : 1) para siswa mempunyai bermacam – macam strategi belajar kosakata Bahasa Inggris yang sesuai dengan karakter, dan minat mereka masing – masing. Strategi belajar kosakata nya adalah : a) melihat kamus. b) bertanya pada orang. c) membuat catatan. d). Menghafal. e) mendengarkan lagu. f) menonton film Bahasa Inggris. g) membaca cerita. h) menggunakan lirik lagu. i) membantu teman lain dalam belajar kosakata Bahasa Inggris. j) menggunakan kosakata yang dipelajari dalam kehidupan sehari – hari. 2) strategi belajar kosakata yang telah disebutkan diatas sangatlah berguna bagi para subject. Strategi tersebut dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris dan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Kontribusi dari strategi belajar kosakata yang digunakan siswa tersebut adalah : a) membuat catatan dan menulis diari berkontribusi dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris dan kemampuan menulis. b) membaca cerita dan lirik lagu, tidak hanya memperkaya kosakata siswa, tetapi juga mengembangkan kemampuan membaca mereka. c) mendengarkan music dan menonton film Bahasa Inggris berkontribusi dalam mengembangkan kosakata siswa, kemampuan mendengarkan dan juga pelafalan. d) bertanya pada orang dan menggunakan kosakata untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari – hari berkontribusi untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan memperkaya kosakata mereka. jadi, strategi belajar kosakata yang digunakan para siswa berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, berbicara, mendengar, membaca, dan menulis. khususnya dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata para siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 07:45
Last Modified: 28 Jan 2015 07:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item