MU’IZ FATHONI, 1725143185 (2018) PENINGKATAN BUDAYA DISIPLIN SISWA DI SDI ALMUNAWWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (375kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (980kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peningkatan Budaya Disiplin Siswa di SDI al MunawwarTulungagung” ditulis oleh Mu’iz Fathoni NIM 1725143185 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung dibimbing oleh: Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I, NIP. 19860528 201403 2 002. Kata Kunci: SDI Al-Munawwar, Peningkatan Budaya Disiplin Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di dalam kelas bahwasanya terdapat berbagai macam perilaku disiplin siswa. Tetapi ada beberapa siswa yang mempunyai perilaku kurang disiplin. Hal tersebut disebabkan berbagai faktor yang membuat perilaku siswa kurang disiplin. Seperti halnya faktor keluarga, faktor lingkungan, dan lain-lain Maka dari itu diperlukan upaya pengembangan budaya disiplin kepada siswa.. Inilah yang membuat penulis tertarik untuk meneliti peningkatan budaya disiplin siswa di SDI Al MunawwarTulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi metode), dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pengembangan budaya disiplin di SDI Al-Munawwar tulungagung sudah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dengan kegiatan-kegiatan di sekolah yang dilakukan oleh semua siswa dengan bersikap disiplin. Dampak pengembangan budaya disiplin siswa di SDI Al-Munawwar cukup efektif membuat siswa mulai belajar bersikap disiplin. 2) Adapun dampak pengembangan budaya disiplin siswa di SDI Al-Munawwar cukup efektif membuat siswa mulai belajar bersikap disiplin.. 3) Adapun kendala pengembangan budaya disiplin siswa di SDI Al-Munawwar yang paling utama adalah masalah kedisiplinan berangkat ke sekolah tepat waktu. Banyak siswa terlambbat datang ke sekolah karena banyak orang tua mengantarkan anaknya terlalu siang. Orang tua juga beralasan jarak rumah ke sekolah juga jauh. Hal inilah yang mengakibatkan kedisiplinan siswa dalam menghargai waktu perlu ditingkatkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143185 MU’IZ FATHONI |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 08:28 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 08:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9582 |
Actions (login required)
View Item |