KHOTIBUL UMAM, 1724143124 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MATERI KUBUS DAN BALOK BERDASARKAN LEVEL KOGNITIF SISWA KELAS VIII H SMPN 2 GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017 /2018. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (16MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (6MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Level Kognitif Siswa Kelas VIII H SMPN 2 Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Khotibul Umam, NIM. 1724143124, pembimbing Dra. Umy Zahroh, M. Kes., Ph.D. ' Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Level Kognitif. Pembelajaran matematika di sekolah diharapkan tidak hanya sebatas membuat catatan dan meragukan kebenarannya, tetapi siswa mampu menangkap arti dan makna dari pembelajaran yang diberikan oleh guru. Kemampuan koneksi matematika adalah kemampuan menghubungkan antar ide matematika, matematika dengan disiplin ilmu lain, dan hubungan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Akan tetapi dalam kenyataannya, kurikulum matematika umumnya dipandang sebagai kumpulan sejumlah pokok bahasan matematik, sehingga masing-masing pokok bahasan cenderung diajarkan secara terpisah. Hal ini tentu saja membuat siswa harus mengingat konsep yang terlalu banyak dan tidak mengenali prinsip-prinsip umum yang relevan dengan berbagai bidang. Hal tersebut dialami oleh beberapa siswa SMPN 2 Gondang Tulungagung. Salah satu pokok bahasan yang sering muncul sebagai permasalahan adalah banyak pemahaman matematika masing- masing pokok pembahasan dipahami secara terpisah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan kemampuan koneksi matematis materi kubus dan balok berdasarkan level kognitif siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah kelas VIII H SMPN 2 Gondang Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah melihat kemampuan kognitif subjek penelitian berdasarkan nilai ulangan harian, kemudian menentukan 2 subjek berkemampuan tinggi, 2 subjek berkemampuan sedang, dan 2 subjek berkemampuan rendah yang akan diberikan tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa berkemampuan tinggi kelas VIII SMPN 2 Gondang Tulungagung dapat memenuhi semua indikator koneksi matematis, (2) siswa berkemampuan sedang belum bisa menjawab soal nomor 1 tetapi mampu memenuhi indikator koneksi matematis untuk soal nomor 2, dan (3) siswa berkemampuan rendah belum bisa mengaitkan informasi yang ada pada soal untuk menemukan jawaban yang sesuai dan tidak memenuhi indikator koneksi matematis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143124 KHOTIBUL UMAM |
Date Deposited: | 23 Oct 2018 06:44 |
Last Modified: | 23 Oct 2018 06:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9700 |
Actions (login required)
View Item |