Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Berbasis Al-Qur’an Pada Materi Perbandingan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Al-Muttaquun Tahun Ajaran 2017/2018

MUSTANGINAH, 1724143177 (2018) Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Berbasis Al-Qur’an Pada Materi Perbandingan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Al-Muttaquun Tahun Ajaran 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Berbasis Al-Qur’an Pada Materi Perbandingan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Al-Muttaquun Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Mustanginah, NIM 1724143177, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Berbasis Al-Qur’an, Hasil Belajar Anggapan masyarakat dalam memahami “ agama dan ilmu” adalah dua entitas yang tidak bisa dipertemukan. Keduanya mempunyai wilayah sendirisendiri, terpisah antara satu dan lainnya, hal ini menimbulkan dampak negatif pada lembaga pendidikan. Pendekatan integrasi-interkoneksi ini berusaha menghubungkan antara ilmu agama dengan ilmu sosial, ilmu humoniora, dan ilmu kealaman sebagai satu kesatuan yang saling berkaitan. Dalam pendekatan integrasi-interkoneksi ini pengembangan ilmu pengetahuan berbasis ayat AlQur’an pada ilmu matematika, yang dimana siswa lebih mudah memahami konsep matematika yang didasarkan ayat Al-Qur’an. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh, dan seberapa besar pengaruh pembelajaran dengan pendekatan integrasi-interkoneksi berbasis Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika siswa MTs Al-Muttaquun. Tujuan dalam penelitian ini adalah, untuk mengetahui adanya pengaruh dan besar pengaruh pembelajaran dengan pendekatan integrasi-interkoneksi berbasis Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Muttaquun tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen yang populasinya adalah kelas VII MTs AlMuttaquun Wates Kediri. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampel dan sampel yang dipilih sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen di MTs AlMuttaquun Wates Kediri. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes, dan data dokumentasi. Soal tes tersebut untuk mengukur hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Muttaquun. Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah hasil belajar matematika menggunakan pembelajaran dengan pendekatan integrasi-interkoneksi berbasis Al-Qur’an pada siswa kelas VII C memiliki nilai rata-rata 78,58, dan kelas VII A memiliki nilai rata-rata 70,19. Uji hipotesis � −

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143177 MUSTANGINAH
Date Deposited: 15 Jan 2019 01:36
Last Modified: 15 Jan 2019 01:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9741

Actions (login required)

View Item View Item