PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC MELALUI PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA SISWA KELAS IV SDI MA’ARIF TAWANGSARI GARUM DAN SDI HASANUL AMIN KEANDALREJO TALUN BLITAR

MUHAMMAD NASIR, 2814123119 (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC MELALUI PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA SISWA KELAS IV SDI MA’ARIF TAWANGSARI GARUM DAN SDI HASANUL AMIN KEANDALREJO TALUN BLITAR. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABS TR A K Tesis denga judul “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Sci enti fic Melalui Permainan Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Siswa Kelas IV SDI Ma’arif Tawangsari Garum dan SDI Hasanul Amin Keandalrejo Talun Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Nasir dengan dibimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan M, M.Pd. dan Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, Sci enti fic, Teka-teki Silang, Pemahaman Siswa Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh Kesulitan dalam menerapkan kurikulum 2013 itu banyak dialami oleh guru.Salah satunya yaitu dalam penyusunan perangat pembelajaran.Padahal perangkat pembelajaran merupakan salah satu aspek penting keberhasilan pendidik dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang bagus, akan tetapi tanpa menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik siswa untuk belajar itu juga sia-sia. Untuk mendorong motivasi peserta didik dalam belajar, maka diperlukan suatu media yang dapat, mendorong motivasi peserta didik, untuk memahami dan memecahkan permasalahan serta melibatkan peserta didik secara aktif, sehingga mampu menemukan sendiri penyelesaian masalah serta mendorong pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan guru hanya sebagai fasilitator.Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu permainan teka-teki silang atau yang lebih dikenal dengan sebutan TTS.Pemilihan teka-teki silang sebagai media pembelajaran dikarenakan teka-teki silang dapat membuat peserta didik aktif, menyenangkan, memunculkan semangat belajar, menumbuhkan rasa kreativitas peserta didik, mengasah daya ingat. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimanakah model perangkat pembelajaran berbasis scientific melalui permainan teka-teki silang?; (2) Bagaimana evaluasi dari perangkat pembelajaran berbasis scientific melalui permainan teka-teki silang pada kelas IV dengan Tema 9 “Kayanya Negeriku” dan Subtema 1 “Kekayaan Sumber Energi di Indonesia” dapat meningkatkan pemahaman siswa?. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang melakukan pengajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis scientific melalui permainan TTS dengan kelas kontrol yang melakukan pengajaran tanpa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis scientific melalui permainan TTS. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data dari postest dengan menggunakan analisis t-test SPSS 16.0 menunjukkan taraf signifikansi 0.000< 0.05, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan tindakan dengan kelas kontrol. Selain itu, Nilai rata-rata post test kelas ekperimen sebesar 93.73 lebih tinggi daripada nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol yang nilai rataratanya 85.08.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 2814123119 muhammad nasir
Date Deposited: 18 Dec 2018 06:50
Last Modified: 18 Dec 2018 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9972

Actions (login required)

View Item View Item