PENGARUH KREATIFITAS GURU MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU KABUPATEN BLITAR

NEDA AULIA IFADANI, 1725143201 (2019) PENGARUH KREATIFITAS GURU MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kreatifitas Guru Matematika terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Kabupaten Blitar” ini di tulis oleh Neda Aulia Ifadani, NIM 1725143201, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat M. Ag. Kata Kunci: Kreatifitas Guru, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukan kualitas dalam dunia pendidikan belum maksimal. Terdapat guru yang belum menguasai bagaimana suatu pembelajaran itu bisa tersampaikan dengan baik. Terlebih banyak siswa yang yang tidak dapat menyerap pelajaran yang diberikan oleh guru diantaranya bermula dari proses pembelajaran yang tidak menarik dan membosankan. Akibatnya siswa menjadi malas dan tidak tertarik terhadap materi yang disampaikan. Perlunya suatu kreatifitas seorang guru untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai, pemakaian media juga berpengaruh dalam suatu pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Adakah pengaruh kreatifitas guru matematika terhadap minat belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Kabupaten Blitar? (2) Adakah pengaruh kreatifitas guru matematika terhadap hasil belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Kabupaten Blitar? (3) Adakah pengaruh kreatifitas guru matematika terhadap minat dan hasil belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Kabupaten Blitar? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengaruh kreatifitas guru matematika terhadap minat belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Kabupaten Blitar. (2) Mendeskripsikan pengaruh kreatifitas guru matematika terhadap hasil belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Kabupaten Blitar. (3) Mendeskripsikan pengaruh kreatifitas guru matematika terhadap minat dan hasil belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Kabupaten Blitar yang berjumlah 446 siswa. Dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling karena sampel yang diambil adalah peserta didik kelas III A dan kelas III B yang berjumlah 52 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah item sebanyak 20 pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan untuk uji hipotesis menggunakan uji MANOVA dengan bantuan SPSS 16.0Dari hasil uji Multivariate Analisis of variance (MANOVA) menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan antara kreatifitas guru matematika terhadap minat belajar. Dari hasil analisis data pada interval 5% menunjukkan nilai signifikasi 0,048 yang mana kurang dari 0,05. (2) Ada pengaruh signifikan antara kreatifitas guru matematika terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000 yang mana kurang dari 0,05. (2) Ada pengaruh signifikan antara kreatifitas guru matematika terhadap minat dan hasil belajar siswa dengan nilai signifikan masing-masing 0,048 dan 0,000 yang mana keduanya memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05. Karena semua signifikansi < 0, 05 maka diterima dan ditolak

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143201 NEDA AULIA IFADANI
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:29
Last Modified: 14 Jan 2019 04:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10042

Actions (login required)

View Item View Item