IMAM HAMBALI, 17506164035 (2019) PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL SISWA (Studi Multisitus SMPN 1 Wlingi dan SMPN 1 Talun Blitar). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (234kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (389kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (278kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (157kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (54kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pemnelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Spiritual Siswa (Studi Multisitus di SMPN 1 Wlingi dan SMPN 1 Talun Blitar)” ini ditulis oleh Imam Hambali dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Hasyim Nawawi, M.HI dan Dr. Nur Efendi, M.Ag Kata Kunci: Pembelajaran, Guru, Spiritual. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena anak didik yang semakin kehilangan nilai sepiritual dalam menuntut ilmu nilai spiritual yang diwujudkan dalam tingkah laku terjadi jurang yang amat besar dan terjadilah degradasi moral di kalangan remaja. Hal in dikarenakan PAI hanya sebagai mata pelajaran, hanya sebatas pengetahuan, akan tetapi tidak dapat merasuk dalam diri siswa, tidak dapat tertanam dalam psikologi siswa. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Pendekatan pembelajaran dalam meningkatkan spiritual pada sekolah di SMPN 1 Wlingi dan SMPN 1 Talun; (2) Teknik pembelajaran peningkatan nilai spiritual pada sekolah di SMPN 1 Wlingi dan SMPN 1 Talun; (3) Hasil pembelaran dalam meningkatkan spiritual yang ditanamkan pada sekolah di SMPN 1 Wlingi dan SMPN 1 Talun. Tujuan penulisan tesis ini: (1) Untuk mendeskripsikan pendekatan pembelajaran peningkatan nilai spiritual pada sekolah di SMPN 1 Wlingi dan SMPN 1 Talun; (2) Untuk mendeskripsikan teknik dalam peningkatan nilai spiritual pada sekolah di SMPN 1 Wlingi dan SMPN 1 Talun; (3) Untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran Guru dalam meningkatkan spiritual yang ditanamkan pada sekolah di SMPN 1 Wlingi dan SMPN 1 Talun, Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi multisitus yang digali dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan metode lintas situs. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan, bahwa: (1) Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaaan, pendekatan emosional dan pendekatan keteladanan; (2) Teknik peningkatan nilai spiritual pada sekolah di SMPN 1 Wlingi dan SMPN 1 Talun yang digunakan adalah teknik internalisasi, dimana dalam penerapan teknik internalisasi ini akan mengasah ketrampilan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa; (3) Hasil peningkatan nilai spiritual pada sekolah di SMPN 1 Wlingi dan SMPN 1 Talunmelalui kegiatan keagamaan, yaitu nilai Illahiyah, yang meliputi nilai iman, nilai taqwa, nilai wara’, nilai tawadhu‟, nilai raja’, nilai tawakal, dan nilai rasa cinta kepada Al-Qur‟an dan nilai insaniyah, yang meliputi nilai persaudaraan, nilai sopan santun, nilai kepedulian, nilai menghormati, nilai intelektual, nilai individual, nilai kejujuran, nilai kedisiplinan, nilai menghargai waktu, nilai toleransi, nilai tenggangrasa.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17506164035 IMAM HAMBALI |
Date Deposited: | 18 Jan 2019 06:24 |
Last Modified: | 18 Jan 2019 06:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10049 |
Actions (login required)
View Item |