MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS PESANTREN DALAM MENINGKATKAN MUTU PROGRAM TAHFIDZ (Studi Multisitus Pondok Pesantren Tahfidzul Qu‟an As-salafi Walisongo Wonodadi Blitar dan Pondok Pesantren Bustanul Muta‟allimat Al Blitari Dawuhan Blitar)

SOFINGATUN, 17501164024 (2019) MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS PESANTREN DALAM MENINGKATKAN MUTU PROGRAM TAHFIDZ (Studi Multisitus Pondok Pesantren Tahfidzul Qu‟an As-salafi Walisongo Wonodadi Blitar dan Pondok Pesantren Bustanul Muta‟allimat Al Blitari Dawuhan Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (447kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren Dalam meningkatan Mutu Program Tahfidz” ini ditulis oleh Sofingatun dengan dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. Nur Effendi, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik , Pesantren, Mutu Program Tahfidz Manajemen peserta didik sangatlah penting dalam meningkatkan kualitas program pendidikan di Pesantren terutama yang memiliki program tahfidz. Program Tahfidz inilah yang memberikan pembelajaran pada para santri untuk lebih disiplin, mandiri dan berakhlakul karimah. PPTQ As-Salafi Walisongo Blitar dan PP Bustanul Mutaallimat Al Blitari ini mampu menyelenggarakan program pendidikan program Tahfidz pada pesantrennya meskipun dengan beberapa keterbatasan yang ada. Dengan keterbatasan yang ada menjadikan lembaga ini mampu berkomitmen yang tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Sehingga kedua lembaga ini mampu bersaing dengan baik sebagaimana lembaga-lembaga lain yang menawarkan program khusus dilembaganya. Tentu hal ini juga didukung oleh manajemen peserta didik yang baik di kedua pesantren ini. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren/Manajemen santri dan peningkatan mutu program tahfidz. Adapun manajemen Peserta didik/santri dalam meningkatkan mutu program tahfidz dalam tesis ini meliputi penerimaan, pembinaan dan evaluasi santri untuk meningkatkan mutu program tahfidz di pesantren. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerimaan santri baru dalam meningkatkan mutu program tahfidz di PPTQ As-Salafi Walisongo Wonodadi Blitar dan PP Bustanul Mutaallimat Dawuhan Blitar. 2) Mendeskripsikan pembinaan santri dalam meningkatkan mutu program tahfidz di PPTQ As-Salafi Walisongo Wonodadi Blitar dan PP Bustanul Mutaallimat Dawuhan Blitar. 3) Mendeskripsikan evaluasi santri dalam meningkatkan mutu program tahfidz di PPTQ As-Salafi Walisongo Wonodadi Blitar dan PP Bustanul Mutaallimat Dawuhan Blitar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pendekatan penelitian: deskriptif dengan rancangan studi multisitus.Teknik pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triangulasi. Setelah penulis mengadakan penelitian, maka pada akhirnya dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerimaan peserta didik baru di PPTQ As-Salafi Walisongo Wonodadi Blitar dan PP Bustanul Mutaallimat Al Blitari Dawuhan dilaksanakan dengan membentuk kepanitiaan PSB untuk merumuskan kebijakan, sistem, serta prosedur dan pelaksanaan dari penerimaan peserta didik baru. Dilanjutkan dengan kegiatan rapat dalam menentukan ketentuan terkait PSB. Sistem promosi dianggap perlu ketika lembaga masih dalam tahap awal pelaksanaan program khususnya bagi sasaran daerah yang terpensil dan sistem seleksi diperlukan dalam rangka perbaikan mutu program untuk lebih baik. 2) Pembinaan Peserta Didik di PPTQ As-Salafi Walisongo Wonodadi Blitar dan PP Bustanul Mutaallimat Al Blitari Dawuhan dilaksanakan berdasarkan kebutuhan pesantren yaitu pembinaan kedisiplinan, pembinaan kerohaniaan, pembinaan pengembangan diri, dan dan pembinaan akademik. Pembinaan pengembangan diri santri dilaksanakan oleh para pembina yang berpengalaman, pembinaan kerohaniaan,disiplin santri dilakukan oleh keamanan pesantren dan pembinaan akademik diberikan oleh para santri yang memiliki potensi yang paling baik di pesantren. 3) Evaluasi program tahfidz di PPTQ As-Salafi Walisongo Wonodadi Blitar dan PP Bustanul Mutaallimat Al Blitari Dawuhan dilaksanakan secara internal lembaga yaitu dari segi akademik dan kemampuan santri dengan evaluator dari pihak internal lembaga. Adapun bentuk evaluasi santri dilaksanakan dalam mingguan, bulanan, semesteran dan akhir tahun.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17501164024 SOFINGATUN
Date Deposited: 27 Feb 2019 07:21
Last Modified: 27 Feb 2019 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10055

Actions (login required)

View Item View Item