PERBEDAAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

EMYLIA WAHYU ERMAWATI, 2814123010 (2019) PERBEDAAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (166kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaaan Hasil Belajar Matematika Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Dengan Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Emylia Wahyu Ermawati NIM. 2814123010, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, GI, STAD, hasil belajar. Model pembelajaran matematika yang mengalami perkembangan akan membawa dampak yang baik bagi hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 setelah pembelajaran menggunakan model GI? (2) Bagaimana hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 201 5/2016 setelah pembelajaran menggunakan model STAD? (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 yang diberi model GI dengan model STAD? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis komparatif. Sampel yang dipilih adalah kelas VIII-A dan VIII-B. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu metode tes, dokumentasi dan observasi. Metode tes digunakan untuk melihat hasil belajar matematika siswa di SMPN 1 Ngantru setelah diberi model pembelajaran GI dan STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 meningkat setelah diberi model pembelajaran kooperatif tipe GI. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai siswa yang awalnya menggunakan metode konvensional memiliki rata-rata nilai 77,86667 setelah menggunakan model pembelajaran GI meningkat menjadi 81 ,3 (2) hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 meningkat setelah pembelajaran menggunakan model STAD. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai siswa yang awalnya menggunakan metode konvensional memiliki rata-rata nilai 78,87 setelah menggunakan model pembelajaran GI meningkat menjadi 87,46667. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data tes diperoleh nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 2814123010 EMYLIA WAHYU ERMAWATI
Date Deposited: 23 Jan 2019 03:19
Last Modified: 24 Jan 2019 08:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10076

Actions (login required)

View Item View Item