IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH PESERTA DIDIK (Studi Multi Kasus di MIN 2 Blitar dan SDI Hasyim Asy’ari Wonodadi Blitar)

RISTA FARIDA, 17505164039 (2019) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH PESERTA DIDIK (Studi Multi Kasus di MIN 2 Blitar dan SDI Hasyim Asy’ari Wonodadi Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (102kB)

Abstract

xv ABSTRAK Farida, Rista, 2018. “Implementasi Kegiatan Keagamaan dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa (Studi Multi Kasus MIN 2 Blitar dan SDI Hasyim Asy‟ari Wonodadi Blitar)” ini ditulis oleh Rista Farida dengan dibimbing oleh (1) Dr. H. Asrop Safi‟i, M.Ag. dan (2) Prof. Dr. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Kegiatan Keagamaan, Kesadaran Beribadah. Konteks penelitian ini adalah sebuah fenomena adanya Kegiatan Keagamaan yang diharapkan peserta didik tidak keluar dari norma-norma agama dan mampu menjalankan aturan syariat Islam di dalam kehidupan sehari-hari. Implementasi kegiatan keagamaan ini amatlah diperlukan karena dapat membangkitkan perasaan dan emosi peserta didik dalam memahami, menghayati serta meyakini kebenaran ajaran agamanya. Siswa juga diberikan kesempatan mempergunakan akalnya dalam memahami dan menerima ajaran agamanya. Disamping itu, peserta didik perlu dibiasakan menekankan kemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain kegiatan keagamaan, guru juga perlu memperhatikan motivasi. Keberhasilan sebuah kegiatan pembelajaran sangat tergantung pada faktor motivasi. Motivasi merupakan daya yang mendorong seseorang untuk melakukan aktivitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di MIN 2 Blitar dan SDI Hasyim Asy‟ari Wonodadi Blitar?; (2) Bagaimana proses pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan kesadaran beribadah pseserta didik di MIN 2 Blitar dan SDI Hasyim Asy‟ari Wonodadi Blitar?; (3) Bagaimana evaluasi kegiatan keagamaan dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di MIN 2 Blitar dan SDI Hasyim Asy‟ari Wonodadi Blitar? Tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui pemaknaan atau proses interpretasi terhadap data-data yang telah diperoleh. Analisis yang dimaksud merupakan upaya mencari dan menata secara sistematis catatan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi untuk meningkatkan pemahaman peneliti tentang persoalan yang diteliti dan menyajikan sebagai temuan lapangan bagi orang lain. Dari hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di MIN 2 Blitar dan SDI Hasyim Asy‟ari Wonodadi Blitar yaitu disediakannya buku kontrol shalat tiap-tiap kelas, berdo‟a dulu sebelum kegiatan belajar mengajar dan juga ada jadwal shalat dluha dan tahlil bagi kelasglobal. 2) Proses pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di MIN 2 Blitar dan SDI Hayim Asy‟ari Wonodadi Blitar adalah a) mengembangkan pemahaman siswa tentang ibadah melalui kegiatan keagamaan, b) Mengingatkan para peserta didik untuk mengikuti shalat. 3) Evaluasi kegiatan keagamaan dalam meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik di MIN 2 Blitar dan SDI Hasyim Asy‟ari Wonodadi Blitar adalah berupa pembentukan jadwal shalat, adanya kebijakan mengenai waktu pelaksanaan shalat, serta tujuan diadakannya shalat, yang diteruskan dengan pelaksanaannya, memberlakukan absen selanjutnya dilakukan evaluasi dengan memberikan sanksi kepada peserta diidk yang tidak melaksanakan shalat tanpa alasan yang jelas mengingat kegiatan shalat di sekolah ini merupakan kegiatan yang rutin dan wajib ditaati oleh seluruh peserta didik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 17505164039 RISTA FARIDA
Date Deposited: 29 Jan 2019 01:17
Last Modified: 29 Jan 2019 01:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10090

Actions (login required)

View Item View Item