POLA ASUH USTADZ DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN ( STUDI MULTI SITUS DI PONDOK PESANTREN PUTRA PANGGUNG TULUNGAGUNG DAN PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN ASRAMA PUTRA SUNAN GUNUNG JATI )

MOHAMMAD EFENDI, 17506164044 (2019) POLA ASUH USTADZ DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN ( STUDI MULTI SITUS DI PONDOK PESANTREN PUTRA PANGGUNG TULUNGAGUNG DAN PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN ASRAMA PUTRA SUNAN GUNUNG JATI ). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
Bab II.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (547kB)
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (106kB)

Abstract

ABSTRAK Mohammad Efendi, NIM: 17506164044. 2018. Strategi Pola Asuh Ustadz dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Santri di Pondok Pesantren (Studi multi situs di Pondok Pesantren Putra Panggung Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Asrama Putra Sunan Gunung Jati). “Tesis Pendidikan Agama Islam (PAI)”, Program Pascasarjana (S-2) IAIN Tulungagung di bawah bimbingan oleh Dr. Ngainun Naim, M. Hi. dan Dr. H. Prim Masrokan M., M. Pd. Kata Kunci : Pondok Pesantren, Prestasi Belajar, Pola Asuh, Strategi Pola Asuh Penelitian dalam Tesis ini dilatar belakangi oleh eksistensi Pondok Pesantren tidak lepas dari kegiatan pola asuh yang telah dilakukan oleh pesantren kepada santrinya. Pola asuh yang dilakukan tentunya berbeda – beda antara pesantren yang satu dengan pesantren yang lain. Semua memiliki ciri khas dan juga program masing – masing dimana disesuaikan dengan kondisi dan tujuan dari pesantren tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah pola asuh ustadz dalam mningkatkan prestasi belajar santri di pondok pesantren. Adapun pertanyaan penelitian adalah : 1.) Bagaimana pendekatan - pendekatan pola asuh Ustadz dalam meningkatkan prestasi belajar Santri di Pondok Pesantren Putra Panggung Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Asrama Putra Sunan Gunung Jati?., 2.) Metode apa saja yang digunakan Ustadz dalam meningkatkan prestasi belajar Santri di Pondok Pesantren Putra Panggung Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Putra Sunan Gunung Jati ?., 3.) Bagaimana evaluasi yang dilakukan Ustadz untuk mengatasi permasalahan pola asuh dalam meningkatkan prestasi belajar Santri di Pondok Pesantren Putra Panggung Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Asrama Putra Sunan Gunung Jati ?. Jenis penelitian ini adalah field research atau peneliian lapangan, dimana peneliti menggali dan mengumpulkan data dengan langsung turu ke lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model analisis multi situs, dimana peneliti mengambil setting lokasi di Pondok Pesantren Putra Panggung Tulungagung dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Asrama Putra Sunan Gunung Jati. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: 1.) Pendekatan pola asuh ustadz dalam meningkatkan prestasi belajar santri di pondok pesantren melalui pendekatan individu, pendekatan kelompok, pendekatan religious, pendekatan sosial, pendekatan tugas dan pendekatan wali murid. Keeanam pendekatan tersebut sangat maksimal dalam memberikan bimbingan kepada para santri walupun kenam pendekatan tersebut banyak yang bersifat konvensional. 2.) Metode pola asuh ustadz dalam meningkatkan prestasi belajar santri di pondok pesantren diantaranya adalah metode yang sifatnya individu (sorogan, hafalan, muthola’ah, pembiasaan) metode yang sifatnya kelompok (bandongan, musyawaroh/sawir, bahtsul masa’il, wisata). Semua metode tersebut saling melengkapi karena dengan adanya berbagai macam metode tersebut karakter santri yang berbeda – beda dapat menyesuaikan diri dengan metode yang cocok untuk masing masing santri. Selain itu pada prakteknya ustadz dapat merangkul dalam kegiatan belajar santri secara tepat dan pembiasaan yang diberikan dapat berjalan dengan lancar. 3.) Evaluasi strategi pola asuh dalam meningkatkan prestasi belajar santri di pondok pesantren dilakukan melalui rapat secara formal maupun non formal. Formal dilakukan setiap satu semester atupun ketika akhir tahun masa jabatan kepengurusan pengurus santri dan selesainya sebuah kegiatan besar. Sedangkan non formal dilakukan secara kondisional ketika sebuah evaluasi diperlukan. Evaluasi tersebut bertujuan membenahi kegiatan selanjutnya dan untuk merancang periapan yang lebih bagus lagi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, secara teoritis dapat dipahami bahwa strategi pola asuh ustadz dalam meningkatkan prestasi belajar santri di pondok pesantren merupakan salah satu konsep alternatif yang bisa digunakan oleh para pengasuh pondok pesantren untuk meningkatkan prestasi belajar santri di lembaga yang dipimpin. Penelitian ini merupakan penguatan terhadap konsep strategi pola asuh ustadz yang telah di tawarkan oleh para pakar pendidikan, khususnya dalam pengelolaan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123153 MOHAMMAD EFENDI
Date Deposited: 07 Feb 2019 02:55
Last Modified: 07 Feb 2019 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10117

Actions (login required)

View Item View Item