Penggunaan Media Flipchart Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III MI tarbiyatul Banin Wal Banat Karangan Trenggalek

Sulis, Setyorini, (2012) Penggunaan Media Flipchart Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III MI tarbiyatul Banin Wal Banat Karangan Trenggalek. [ Skripsi ]

[img] Text
Awal.docx

Download (191kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB 4.docx

Download (107kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Media Flipchart, Hasil Belajar, Matematika Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti pada pembelajaran matematika di kelas III MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Karangan Trenggalek menunjukkan bahwa hasil belajar siswa rendah. Salah satu penyebabnya adalah selama ini guru cenderung memakai metode ceramah dalam menyampaikan materi sehingga siswa tidak termotivasi dalam belajar dan merasa bosan dengan suasana tersebut. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang baru yang akan membuat siswa termotivasi dalam belajar sehingga prestasi belajarpun ikut meningkat yaitu dengan menggunakan media flipchart. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah implementasi penggunakan media flipchart untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi uang dalam pembelajaran matematika kelas III di MI Tarbiyatul banin Wal Banat Karangan Trenggalek? (2) Bagaimanakah peningkatan kualitas proses pembelajaran matematika dengan menggunakan media flipchart terhadap materi uang dalam pembelajaran matematika kelas III MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Karangan Trenggalek? (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah menggunakan media flipchart terhadap materi uang dalam pembelajaran matematikakelas III MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Karangan Trenggalek?” Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendiskripsikan implementasi penggunaan media flipchart untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas III MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Karangan Trenggalek. (2) Untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran matematika dengan menggunakan media flipchart dalam pembelajaran matematika kelas III MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Karangan Trenggalek. (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media flipchart dalam pembelajaran matematika siswa kelas III MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Karangan Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Karangan Trenggalek dengan jumlah siswa 11 anak. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, angket, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data: analisis data kwalitatif kegiatan reduksi data, memyajikan data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan data kwantitatif dianalisis menggunakan rumus x= (∑xi)/n, dengan x = rata–rata kelas, ∑xi = jumlah nilai seluruh siswa, dan n = jumlah seluruh siswa. Hasil pengamatan dari 2 pengamat menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media flipchart dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dari 64,16% pada siklus I menjadi 86,6% pada siklus II. Sedangkan dari hasil tes yang telah dilaksanakan diperoleh data sebagai berikut: (1) Nilai rata-rata pada Siklus I adalah 57,72 dan (2) Nilai rata-rata pada Siklus II 87,27. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media flipchart dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan uang pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Banin Wal Banat Karangan Trenggalek. Dari penelitian ini, peneliti menyarankan sebaiknya bagi guru yang menghadapi kendala dalam proses pembelajaran supaya lebih bervariatif lagi dalam menggunakan metode, strategi, maupun media pembelajaran. Salah satunya adalah media flipchart, karena penelitian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan media flipchart hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Feb 2015 07:08
Last Modified: 04 Feb 2015 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1014

Actions (login required)

View Item View Item