STRATEGI PEMBINA PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA MAN 1 TRENGGALEK

AQIDATUL IZZA, 17201153323 (2019) STRATEGI PEMBINA PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembina Pramuka Dalam membentuk Kepribadian Muslim Siswa MAN 1 Trenggalek” di tulis oleh Aqidatul Izza, NIM 17201153323, Pembimbing Drs. Muh. Kharis, M.Pd. Kata kunci: Strategi , Kepribadian Muslim. Konteks penelitian: Kemajuan zaman dapat mempengaruhi kepribadian muslim siswa MAN 1 Trenggalek. Anggota Pramuka di MAN 1 Trenggalek banyak yang memiliki kepribadian muslim seperti, cinta tanah air, disiplin, tanggung jawab, sehat jasmani dan rohani serta mempunyai jiwa tolong menolong, gotong royong dan juga percaya diri. Pembina Pramuka sebagai tenaga pendidik penting dalam pendidikan kepramukaan yang dapat membentuk kepribadian muslim siswa MAN 1 Trenggalek. Fokus penelitian: (1) Bagaimana strategi pembina Pramuka dalam membentuk kepribadian muslim siswa MAN 1 Trenggalek. (2) Bagaimana hambatan strategi pembina Pramuka dalam membentuk kepribadian muslim siswa MAN 1 Trenggalek. (3) Bagaimana dampak strategi pembina Pramuka dalam membentuk kepribadian muslim siswa MAN 1 Trenggalek. Tujuan penelitian: (1) Strategi pembina Pramuka dalam membentuk kepribadian muslim siswa MAN 1 Trenggalek. (2) Hambatan strategi pembina Pramuka dalam membentuk kepribadian muslim siswa MAN 1 Trenggalek. (3) dampak strategi pembina Pramuka dalam membentuk kepribadian muslim siswa MAN 1 Trenggalek. Metode penelitian: Pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, keajekan pengamat, triangulasi data dan pengecekan teman sejawat. Tahap penelitian, peneliti menggunakan tahap pra-lapanan, pelaksanaan, dan laporan. Hasil penelitian: (1) Strategi pembina Pramuka dalam membentuk kepribadian muslim menggunakan sistem among. Tanggung jawab atas keputusan musyawarah dan menjalankannya dengan arahan pembina Pramuk, memberikan kondisi lingkungan yang baik dari Bantara dan Laksana, dikenalkan, learning by doing, learning to earn dan learning to serve, mempertahankan satuan terpisah antara laki-laki dan perempuan, Tut Wuri Handayani dan memberikan kritik. Faktor pembentukan kepribadian muslim disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. (2) Hambatannya, pembina membuat jarak, kurang percaya diri, kurang menguasai masalah, kurang memiliki ketrampilan berkomunikasi, menagnggap dirinya lebih, mengikuti kehendak orang lain, ingin berbicara terus menerus / menguasai, memaksakan kehendak, meremehkan orang lain dan menjadiakan orang lain objek. Hambatan dapat di atasi dengan banyak interaksi dan komunikasi. (3) Dampaknya: kegiatan upacara berdampak pembentukan kepribadian syahadatain dan mushalli. Baris berbaris berdampak pembentukan kepribadian syahadatain, mushalli dan shaim. Permainan berdampak pembentukan kepribadian muzakki dan haji.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd. 17201153323 Aqidatul Izza
Date Deposited: 07 Feb 2019 04:21
Last Modified: 07 Feb 2019 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10143

Actions (login required)

View Item View Item