STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANANAMKAN PERILAKU RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MAN 1 TULUNGAGUNG

M FARIDUS SHOLIHIN, 17201153097 (2019) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANANAMKAN PERILAKU RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (389kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Perilaku Religius Peserta Didik di MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh M Faridus Sholihin, NIM. 17201153097, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, MA. Kata Kunci : Strategi Guru Akidah Akhlak, Perilaku Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang sering dijumpai yaitu dimana tingkat kesadaran peserta didik dalam berperilaku religius masih minim. Karena peserta didik dalam memahami Agama Islam hanya mampu pada ranah kognitif saja. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan masalah kurangnya kesadaran tersebut perlu adanya strategi guru akidah akhlak untuk menanamkan perilaku peserta didik. Tanpa adanya strategi yang diterapkan dalam menanamkan perilaku religius kepada peserta didik maka proses penanaman perilaku religius tidak akan berjalan lancar dan perilaku religius peserta didik juga menjadi berkurang. Strategi yang diterapkan guru dalam menanamkan perilaku religus peserta didik diharapkan dapat meningkatkan kesadaran peserta didik untuk berperilaku religius dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan perilaku tanggung jawab peserta didik di MAN 1 Tulungagung ?, (2) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan perilaku peduli peserta didik di MAN 1 Tulungagung ?, (3) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan perilaku jujur peserta didik di MAN 1 Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan perilaku tanggung jawab peserta didik di MAN 1 Tulungagung, (2) Untuk mendiskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan perilaku peduli peserta didik di MAN 1 Tulungagung, (3) Untuk mendiskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan perilaku jujur peserta didik di MAN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitiannya di MAN 1 Tulungagung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi guru Akidah Akhlak dalam menanamkan perilaku tanggung jawab peserta didik di MAN 1 Tulungagung meliputi pelaksanaan aktivitas-aktivitas yang mencerminkan perilaku tanggung jawab yang terjadi dalam pembelajaran di kelas, di luar pembelajaran dan keagamaan, penerapan metode pembelajaran di kelas, pembiasaaan, keteladanan, pengawsan, dan koordinasi yang intensif di madrasah antar guru berdasarkan pembagian tugas dan fungsi, (2) Strategi guru Akidah Akhlak dalam menanamkan perilaku peduli peserta didik di MAN 1 Tulungagung meliputi pelaksanaan aktivitas peduli terhadap sesama dan peduli terhadap lingkungan, keteladanan, pembiasaan, keteladanan, pembiasaan, himbauan melalui media cetak, muatan lokal riset, dan kerjasama yang baik antar guru, (3) Strategi guru Akidah Akhlak dalam menanamkan perilaku jujur peserta didik di MAN 1 Tulungagung meliputi bentuk-bentuk aktivitas penanaman perilaku jujur, pemberian nasihat dan motivasi, pembiasaan, pengawasan, penerapan ujian semester berbasis komputer, dan kerjasama yang optimal antara guru, karyawan, peserta didik, dan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa 17201153097 M faridus Sholihin
Date Deposited: 08 Feb 2019 03:00
Last Modified: 08 Feb 2019 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10152

Actions (login required)

View Item View Item