HANIFA RAMADHANI, 17204153074 (2019) ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLTV BERDASARKAN PEMAHAMAN MATEMATIS KELAS X DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (33kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi SPLTV Berdasarkan Pemahaman Matematis Kelas X di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Hanifa Ramadhani NIM. 17204153074, pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Reflektif, Pemecahan Masalah, SPLTV, Pemahaman Matematis Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang diperhatikannya kemampuan berpikir reflektif di tingkat Madrasah Aliyah, baik oleh guru maupun oleh siswa. Sehingga hal ini menyebabkan kemampuan berpikir reflektif kurang berkembang. Siswa cenderung belum mampu memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel menggunakan pengalamannya terdahulu. Selain itu, proses berpikir reflektif ini juga dipengaruhi oleh pemahaman matematis yang dimiliki masing-masing siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa dengan tipe pemahaman matematis instrumental dan tipe pemahaman matematis relasional dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X di MAN 1 Trenggalek. Sehingga diharapkan mampu memberikan deskripsi secara singkat bagaimana kemampan berpikir reflektif siswa dengan tipe pemahaman matematis instrumental dan tipe pemahaman matematis relasional dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes dan wawancara digunakan untuk mengetahui secara lebih dalam kemampuan berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel yang diberikan. Dari 34 siswa, kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. 3 subjek mewakili siswa dengan tipe pemahaman matematis instrumental dan 3 subjek lainnya mewakili siswa dengan tipe pemahaman matematis relasional. Adapun pemilihan subjek ini berdasarkan pada hasil jawaban tes tulis siswa tersebut dan juga pertimbangan guru pengampu terkait kemampuan komunikasi siswa yang baik. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dicek keabsahan datanya menggunakan triangulasi. Kemudian data tersebut dianalis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) siswa dengan tipe pemahaman matematis instrumental dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel hanya mampu mencapai pada tingkat kurang reflektif atau hanya mampu mencapai indikator reacting saja dan pada tingkat cukup reflektif atau hanya mampu mencapai indikator reacting dan comparing saja. (2) siswa dengan tipe pemahaman matematis relasional dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel mampu mencapai pada tingkat berpikir reflektif atau pada indikator contemplating.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153074 HANIFA RAMADHANI |
Date Deposited: | 13 Feb 2019 03:46 |
Last Modified: | 13 Feb 2019 03:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10163 |
Actions (login required)
View Item |