ISMAIL SAHPUTRA, 2811133113 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KEASWAJAAN DALAM MEMBANGUN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA DI MA ASWAJA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (866kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (723kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (221kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (204kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (57kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (986kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Keaswajaan Dalam Membangun Akhlakul Karimah pada Siswa di MA Aswaja Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Ismail Sahputra, NIM 2811133113, Pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata kunci: Implementasi, pembelajaran Keaswajaan, akhlakul kharimah. Penelitian in dilatar belakangi oleh kemerostoan akhlak. Hal ini sering terjadi pada anak usia sekolah menengah keatas atau Madrasah Aliyah. Anak pada usia ini condong bergaul dengan teman sebayanya dan mudah terpengaruh oleh teman sejawatnya, bahkan mulai tumbuh keinginan untuk tampil beda agar mendapat perhatian dari anggota atau dari orang – orang di sekitarnya. Pengaruh negatif teman terhadap perilaku anak pada usia ini dampaknya cukup besar. Karena itu mereka memerlukan pendidikan agama yang termasuk di dalamnya pendidikan akhlak guna membentuk akhlak mulia. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran ke-aswaja-an di dalam membangun akhlakul karimah pada siswa di MA Aswaja Ngunut Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ke-aswaja-an di dalam membangun akhlakul karimah pada siswa di MA Aswaja Ngunut Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran ke aswaja-an di dalam membangun akhlakul karimah pada siswa di MA Aswaja Ngunut Tulungagung?. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran ke-ASWAJA-an di dalam membangun akhlakul karimah pada siswa di MA Aswaja Ngunut Tulungagung. Skripsi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang dapat dijadikan sebagai masukan untuk mengantisipasi permasalahan pendidikan Islam sekarang dan yang akan datang. Dengan study ini juga diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dibidang pendidikan Islam khususnya pada diri penulis dan umumnya kepda para pembaca. Untuk mengetahui aktualisasi serta relevansi implementasi pembelajaran aswaja dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Dalam metode ini digunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara, ovservasi dan juga dokumentasi. Analisis data menggundakan triangulasi data yang meliputi data reduction (penolakan data). Hasil penelitian didapatkan: 1) Perencanaan pembelajaran Keaswajaan mengacu pada kurikulum pusat baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi. Perencanaan pembelajaran disusun dengan lengkap mencakup program semester, program tahunan, silabus dan RPP sehingga dalam pelaksanaannya dapat diaplikasikan dengan baik sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. Guru dituntut memiliki kompetensi yang baik dan ada fasilitas peningkatan kompetensi guru seperti pelatihan dan KKG. 2) Pelaksanaan pembelajaran Keaswajaan dilaksanakan dengan strategi pembelajaran yang sesuai dengan isi materi, diikuti dengan pembiasaan perilaku atau praktik perilaku akhlakul karimah. 3) Evaluasi pembelajaran Keaswajan dilakukan secara menyeluruh baik teori maupunpengamalan hasil pembelajaran. Secara tertulis mencakup ulangan mingguan, UTS, UAS mengacu pada KKM dan hasilnya berupa nilai raport.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133113 ISMAIL SAHPUTRA |
Date Deposited: | 12 Feb 2019 07:05 |
Last Modified: | 12 Feb 2019 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10173 |
Actions (login required)
View Item |