REBRANDING DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PADA TOKO ONLINE JASA HENNA ELMA FITRIANI TULUNGAGUNG)

YOLANDA AGNES OKTAVIA, 1711143088 (2019) REBRANDING DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PADA TOKO ONLINE JASA HENNA ELMA FITRIANI TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (955kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yolanda Agnes Oktavia, NIM. 1711143088, Rebranding dalam Perspektif Hukum Positif dan Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada Toko Online Jasa Henna Elma Fitriani), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, IAIN Tulungagung, 2018, Pembimbing: Dr. Iffatin Nur, M.Ag. Rebranding merupakan pemberian ulang terhadap merek yang sudah melekat pada sebuah produk sebelumnya. Maraknya rebranding sedikit banyak berpengaruh kepada persaingan usaha, seperti di toko online Jasa Henna Elma Fitriani Tulungagung. Produk berupa pasta henna yang dibeli dari produsen pasta Henna oleh pemilik toko online Jasa Henna Elma Fitriani Tulungagung dikemas dalam kemasan ekonomis dan diberi label pada sisi kemasan. Pada prakteknya kegiatan rebranding ini sangat rentan dengan adanya persaingan tidak sehat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana fenomena rebranding di toko online Jasa Henna Elma Fitriani Tulungagung dalam perspektif hukum positif?, 2) Bagaimana fenomena rebranding di toko online Jasa Henna Elma Fitriani Tulungagung dalam perspektif etika bisnis Islam? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan fenomena rebranding di toko online Jasa Henna Elma Fitriani Tulungagung dalam perspektif hukum positif, 2) Untuk mendeskripsikan fenomena rebranding di toko online Jasa Henna Elma Fitriani Tulungagung dalam perspektif etika bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, serta penelaah dokumen. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data,danpenarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) fenomena rebranding yang terjadi pada toko online Jasa Henna Elma Fitriani Tulungagung sesuai dengan hukum positif dimana dalam hukum positif tersebut memiliki hubungan yang erat dengan moral dan norma yang ada dalam masyarakat, 2) fenomena rebranding yang terjadi pada toko online Jasa Henna Elma Fitriani Tulungagung sesuai dengan etika bisnis Islam karena telah memenuhi 5 (lima) prinsip dasar etika bisnis Islam, yakni: kesatuan, keseimbangan, kebebasan berkehendak, tanggung jawab, dan kebenaran. Hal ini dikarenakan pemilik toko online Jasa Henna Elma Fitriani Tulungagung telah mendapatkan izin dari produsen sebelumnya untuk melakukan rebranding. Sehingga tujuan dari penerapan etika bisnis Islam dapat terwujud. Kata Kunci: rebranding, hukum positif, etika bisnis islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 1711143088 YOLANDA AGNES OKTAVIA
Date Deposited: 26 Feb 2019 06:45
Last Modified: 26 Feb 2019 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10253

Actions (login required)

View Item View Item