KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) BERBASIS ISLAM TERHADAP KECEMASAN MANTAN PUNK (Studi Kasus di Desa Jeblog Kecamatan Talun Kabupaten Blitar)

MUH. ZARIS NUR IMAMI, 1733143034 (2019) KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) BERBASIS ISLAM TERHADAP KECEMASAN MANTAN PUNK (Studi Kasus di Desa Jeblog Kecamatan Talun Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (31MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (395kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M Zaris Nur Imami. 2018. Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) Berbasis Islam Terhadap Kecemasan Mantan Anak PUNK (Studi Kasus di Desa Jeblog, Kecamatan Talun). Skripsi. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Jurusan Tasawuf Psikoterapi, IAIN Tulungagung. Pembimbing Hj Uswah wardiana, M. Si. Kata Kunci: Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) Berbasis Islam, Kecemasan. Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya kasus bahwa menjadi seorang yang berstatus sebagai anak PUNK memunculkan stigma negatif dari masyarakat atas dirinya. Adanya stigma negatif masyarakat terhadap mantan PUNK memunculkan pikiran-pikiran irasional sebagai pemicu kecemasan yang dialaminya. Dalam mengatasi kecemasannya mantan PUNK cenderung berperilaku negatif. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa penyebab kecemasan mantan PUNK. 2) Bagaimana ciri-ciri kecemasan yang dialami mantan PUNK. 3) Bagaimana mantan PUNK dalam mengatasi kecemasannya. 4) Bagaimana Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis Islam dalam mengatasi kecemasan mantan anak PUNK. Dalam menjawab permasalahan tersebut, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus yang kemudian dianalisis menggunakan deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Dalam menganalisa kecemasan, ciri-ciri, serta penyebabnya yang digunakan adalah berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun temuan penelitian adalah sebagai berikut: 1. kecemasan yang dialami mantan PUNK disebabkan adanya citra negatif dirinya di masyarakat yang memunculkan pikiran-pikiran irasional, pikiran tersebut yakni, dikucilkan di masyarakat, masa depan, serta pekerjaanya 2. Ciri-ciri kecemasan yang dialami oleh mantan PUNK meliputi fisik, behaviour dan kognitif. 3. Dalam mengatasi kecemasan mantan PUNK mempunyai kecenderungan perilaku yang negatif. Sedangkan proses Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis Islam dilakukan beberapa tahapan sebagai berikut: 1. Mengajak subjek berpikir tentang pikiran-pikiran irasional, menunjukkan ketidak logisan, serta melawannya. 2. Menguatkan pikiran rasional dengan materi keIslaman, mengembangkan potensi fitrahnya, bersikap sesuai dengan kepribadian Islam. 3. Penemuan pemahaman baru, menerima masukan bahkan kritikan orang lain serta meneladani orang-orang yang baik. Selanjutnya hasil akhir yang diperoleh dari proses terapi ini cukup efektif dengan persentase subjek 1 (AB) sekitar 75%, sedangkan pada subjek 2 SW adalah 65%. Hal ini disandarkan pada adanya perubahan dalam indikator yang telah ditentukan sebagai berikut: Adanya pikiran yang irasional menjadi rasional, aktivitas kehidupan yang lebih bermakna, pola tidur dan penurunan kecemasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 1733143034 MUH. ZARIS NUR IMAMI
Date Deposited: 01 Mar 2019 07:14
Last Modified: 03 Apr 2020 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10261

Actions (login required)

View Item View Item