IZZATI DIAH KHOIRINA, 3214113092 (2019) DIAGNOSIS KECEMASAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS JAMIYATUL ULUM TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (209kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (160kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (70kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Diagnosis Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika di MTs Jamiyatul ‘Ulum Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Izzati Diah Khoirina, NIM 3214113092, jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Kecemasan, Matematika, Pembelajaran Matematika menjadi salah satu pelajaran wajib bagi siswa dari berbagai jenjang. Matematika juga identik dengan karakteristik yang bersifat abstrak, logis, sistematis, dan penuh dengan lambang serta rumus yang membingungkan. Setiap sekolah mempunyai target prestasi terutama pada bidang matematika sehingga standar kompetensi pembelajaran matematika juga menjadi salah satu perhitungan utama dalam suatu pendidikan. Hal tersebut membuat para siswa memiliki kecemasan dalam pembelajaran matematika. Penelitian kali ini berguna untuk mendiagnosis jenis-jenis kecemasan matematika yang dialami siswa, sebab-sebab kecemasan itu muncul, dan bagaimana solusi dari kecemasan para siswa dalam menghadapi pelajaran matematika di MTs. Jamiyatul Ulum tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti mengumpulkan data melalui instrumen angket dan tes kemampuan pemecahan masalah serta didukung dengan wawancara kepada beberapa pihak yang terkait. Jumlah subyek penelitian sebanyak 10 siswa kelas 9 memenuhi kriteria dari tema penelitian yaitu kecemasan pada pembelajaran matematika. Kecemasan dalam pembelajaran matematika yang dialami oleh para siswa beragam faktor baik eksternal maupun internal. Kecemasan matematika berkaitan dengan perasaan dan sikap terhadap matematika, dimana perasaan dan sikap tersebut akan mempengaruhi pemahaman terhadap matematika itu sendiri. Hasil dari peneltian ini adalah sebagian besar siswa yang mengalami kecemasan dalam pembelajaran matematika yang cukup tinggi. Beberapa faktor tersebut dikarenakan metode pembelajaran guru yang monoton dan latar belakang siswa yang rata-rata dari keluarga tidak mampu. Setiap jenis kecemasan yang dialami para siswa memiliki solusi untuk mengurangi atau bahkan menghilangkannya. Salah satunya adalah dengan mengubah metode pembelajaran agar lebih inovatif dan didukung sarana-prasarana dari pihak sekolah. Peran orang tua tidak kalah penting dalam hal ini. Dukungan orag tua, perhatian kecil dalam hal prestasi, serta hubungan kedekatan terhadap anak merupakan salah satu cara mengurangi tingkat kecemasan siswa terhadap pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | spd 3214113092 izzati |
Date Deposited: | 06 Mar 2019 03:33 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 03:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10287 |
Actions (login required)
View Item |