MANAJEMEN MUTU OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU (Studi Multi Kasus di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek)

REZA WAHYU SETYARDI, 17501164023 (2019) MANAJEMEN MUTU OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU (Studi Multi Kasus di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wahyu Setyardi, Reza 2018 "Manajemen Mutu oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru (Studi Multi Kasus di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek)", Program Pascasarjana, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: 1.) Dr. H. Abdul Manab, M.Ag, 2.) Dr. Hj. Sulistyorini, M. Ag. Kata Kunci : Manajemen Mutu, Kepala Sekolah, Peningkatan Kompetensi Guru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu faktor utama yang sangat menentukan dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu kompetensi yang dimiliki oleh guru. Kompetensi itu dapat dicapai jika kepala sekolah sebagai manajer mampu memanajemen para guru disebuah lembaga pendidikan agar memiiki semangat kerja yang tinggi. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek? (2) Bagaimana pengorganisasian kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek? (3) Bagaimana pelaksanaan tugas kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek? (4) Bagaimana evaluasi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru dan di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) Perencanaan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek. (2) Pengorganisasian kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek. (3) Pelaksanaan tugas kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek. (4) Evaluasi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru dan di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan rancangan penelitian multi kasus, lokasinya di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek, sumber datanya informan dan dokumen, datanya primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis lintas kasus dengan menggunakan metode perbandingan tetap (Constant Comparative Method), sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability).Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek dengan berdasarkan pada peran dan fungsi yang melekat pada kepala sekolah sebagai manajer, perbedaan antara kedua lembaga mengenai perencanaan hanya ada pada waktu pelaksanaan musyawarah; 2) Pengorganisaian Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek Kepala sekolah dalam organisasi berkewajiban mengatur, mengalokasikan, dan mendistribusikan pekerjaan, wewenang dan sumber daya di antara anggota organisasi untuk mencapai tujuan; 3) Pelaksanaan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek, yaitu kepala sekolah senantiasa memberikan kesempatan untuk dapat mengikuti pelatihan, kursus dan diklat untuk mengoptimalkan kinerja guru supaya guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara profesional karena sudah berkompeten; 4) Evaluasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek, kegiatan evaluasi rutin dilakukan oleh kepala sekolah, tujuannya untuk mengetahui kondisi sekolah dalam segala aspeknya (seluruh komponen sekolah). Dari hasil evaluasi yang dilakukan ditemukan hambatan pokok yang dialami guna meningkatkan kompetensi para guru di MTs Plus Raden Paku dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek yaitu sama, yakni pada persoalan dana atau anggaran biaya karena banyak kegiatan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17501164023 REZA WAHYU SETYARDI
Date Deposited: 11 Mar 2019 06:35
Last Modified: 11 Mar 2019 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10302

Actions (login required)

View Item View Item