KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multisitus di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Blitar )

NURUL MASROFAH, 17501164021 (2019) KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multisitus di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Blitar ). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (437kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (575kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul: “Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multisitus MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Blitar)”ini ditulis oleh Nurul Masrofah dengan bimbingan Dr. H. Abdul Manab M.Ag, dan Dr. Maftukhin M.Ag. Kata Kunci: Kepemimpinan Visioner, Kepala Madrasah, Mutu Penidikan, Lembaga Pendidikan Islam Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh fenomena daya fikir masyarakat yang semakin maju akan menentukan kehendak mereka untuk mendapatkan pendidikan dari lembaga pendidikan yang bermutu, hal inilah yang akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pemimpin lembaga pendidikan Islam. di mana pendidikan Islam selama ini masih sedikit tertinggal dari pendidikan yang berbasis Umum, sehingga satu cara untuk dapat menjawab tantangan tersebut, para pemimpin lembaga pendidikan Islam dapat menjawabnya salah satunya dengan melalui Kepemimpinan Visioner yang mana seorang pemimpin dituntut untuk memiliki pola pandang jauh ke depan, membawa masa depan ke masa kini sehingga sistem manajerial dan pola strategi yang lebih mengedepankan asas kebutuhan masyarakat serta hasil atau skala produktifitas. Dari hal tersebut diharapakan dari usaha tersebut tercipta mutu pada tubuh lembaga pendidikan Islam. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: Bagaimana Kepala Madarsah menrumuskan visi misi dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam ?, Bagaimana Kepala Madarsah mengkomunikaskan visi misi dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam ?, Bagaimana Kepala Madarsah mentransfromasikan visi misi dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam ?, Bagaimana Kepala Madarsah mengimplementasika visi misi dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam ? Pendekatan penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekat kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Temuan dan teori dipaparkan dengan menggunakan landasan berfikir fenomenologis, sedangkan sumeber data diperoleh berdasarkan person, place, dan papper, melalui proses pencarian data dan informan dari satu informan berganti ke informan yang lain atas saran informan sebelumnya sesuai yang tujuan dan kerangka penelitian. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan dengan menggunakan teknik reduksi data, dilanjutkan dengan penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verivikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik Trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah Kepemimpinan Visioner Kepala madrasah dalam merumuskan visi berdasarkan pandangan jauh kedepan, berdasarkan dari latar belakang budaya organisasi, masing-masing lembaga pendidikan Islam, dengan berlandaskan nilai-nilai religius serta dirumuskan dengan cara bersamasama melibatkan seluruh lapisan mayarakat lembaga pendidikan, sehingga ada kesepakatan terkait dengan rumusan visi yang seperti apa yang diinginkan. Kepemimpinan Visioner kepala madrasah dalam mengkomunikasikan visi misi bertujuan untuk mengkomunikasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam visi misi yang mana dilakukan melalui berbagai macam media, cara dan acara. Dengan tujuan agar diperoleh pemahaman visi misi yang sama sehingga dapat meningkatkan komitmen di antara personel serta menciptakan kesatuan tujuan pada setiap lapisan. Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah dalam mentransfromasikan Visi Misi melalui sharing vision kepada team work dengan dibentuknya struktur organisasi Madrasah, sehingga dapat menumbuhkan konsistensi pada praktik mewujudkan visi berdasarkan tugas pokok dan fungsi. Kepemimpinan Visioner kepala madrasah mengimplementasikan visi melalaui program-program unggulan yang direncanakan secara strategis yang dilakukan oleh kepala madrasah beserta personal madrasah yang tentunya harus sejalan dengan visi misi yang telah dirumuskan. Dengan berperan sebagai penentu arah, sebagai juru bicara, agen perubahan, teladan, serta dapat memberikan motivasi serta bimbingan kepada seluruh anggota di dalam organisasi madrasah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17501164021 NURUL MASROFAH
Date Deposited: 20 Mar 2019 06:28
Last Modified: 20 Mar 2019 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10303

Actions (login required)

View Item View Item