RIRIN DWI ISMAWATI, 1721143348 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII DI MTS ASY-SYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (439kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (230kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (159kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (228kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar dan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII di MTs Asy-Syafi’iyah Gondang Tulungagung”, ini ditulis oleh Ririn Dwi Ismawati, NIM. 1721143348. Jurusan Pendidikan Agama Islam, fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd, NIP. 19810801 200912 1 004. Kata Kunci: Media Cerita Bergambar, Multimedia, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sebuah media dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran akan memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran. Ada beberapa pendidik yang kurang mementingkan penggunaan media pembelajaran, Salah satunya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). SKI adalah pelajaran yang dominan pada teks dan memerlukan banyak waktu dalam proses pembelajarannya. Hal ini membuat siswa bosan dan mengantuk pada saat proses pembelajaran. Maka dari itu seorang guru harus kreatif dalam membuat media pembelajaran, agar proses pembelajaran menyenangkan dan menarik. Dan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal, maka dibutuhkannya sebuah media yang lebih menarik seperti media cerita bergambar dan multimedia (Microsoft powerpoint). Berdasarkan masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Adakah pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap hasil belajar SKI siswa kelas VII di MTs Asy-syafi’iyah Gondang?. 2. Adakah pengaruh multimedia Adakah pengaruh secara bersama-sama penggunaan media cerita bergambar dan multimedia terhadap hasil belajar SKI siswa kelas VII di MTs Asy-syafi’iyah Gondang?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan populasi siswa kelas VII MTs Asy-Syafi’iyah Gondang tahun pelajaran 2017/2018, yang terdiri dari 144 siswa. Dengan teknik sampling Simple Random Sampling diperoleh sampel 105 siswa. Variabel bebas: media cerita bergambar dan multimedia. Variabel terikat: Hasil belajar SKI. Sumber data: responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi. Teknik analisis data: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, dan uji regresi ganda dengan bantuan SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian ini yaitu, pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media cerita bergambar terhadap hasil belajar SKI siswa di MTs Asy-Syafi’iyah Gondang. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa t-hitung penggunaan media cerita bergambar= 5,336 lebih besar dari t-tabel = 1.983, pengaruhnya sebesar 23,1 %. Kedua, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan multimedia terhadap hasilbelajar SKI siswa di MTs Asy-Syafi’iyah Gondang. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa t-hitung penggunaan multimedia = 5,230 lebih besar dari t-tabel = 1.983, pengaruhnya sebesar 21,0 %. Ketiga, ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara penggunaan media cergam dan multimedia terhadap hasil belajar SKI siswa di MTs Asy-Syafi’iyah Gondang yang ditunjukkan oleh nilai F tabel = 18,043 dan pengaruhnya sebesar 26,1 %. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cerita bergambar jika didukung dengan dengan multimedia pembelajaran akan dapat membuat tujuan pembelajaran SKI tercapai secara efisien.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143348 RIRIN DWI ISMAWATI |
Date Deposited: | 20 Mar 2019 03:20 |
Last Modified: | 20 Mar 2019 03:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10308 |
Actions (login required)
View Item |