ETIKA BSINIS PEDAGANG DI PASAR SENGGOL BANGOAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG DALAM PERSPEKTIF ISLAM

INTAN IKA PERTIWI, 1742143123 (2019) ETIKA BSINIS PEDAGANG DI PASAR SENGGOL BANGOAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG DALAM PERSPEKTIF ISLAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul, “Etika Bsinis Pedagang di Pasar Senggol Bangoan Kedungwaru Tulungagung dalam Perspektif Islam” yang ditulis oleh Intan Ika Pertiwi NIM. 1742143123 telah dengan pembimbing Muhammad Aswad, MA. Pasar adalah salah satu tempat dimana roda ekonomi rakyat berputar. Menghasilkan keuntungan adalah tujuan setiap orang yang datang. Dan disitulah praktik etika bisnis para pedagangnya dipertanyakan yang sebagian besar beragama Islam namun sering melalaikan perintah agama meskipun mengetahui hukumnya. Seperti kecurangan timbangan, buruknya kualitas barang dangangan, kebohongan dan janji palsu, mementingkan berdagang sehingga melalaikan sholat, dan hal lain yangs sering terjadi di Pasar. Rumsuan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana praktik etika bisnis di Pasar Senggol? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat para pedagang dalam menjalankan etika bisnis? (3) Bagaimana perilaku pedagang dalam kegiatan jual beli? (4) Bagaimanakah cerminan etika bisnis Islam terhadap kesuksesan usaha bisnis jual beli di pasar Senggol? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi Pasar Senggol, mengetahui praktik para pelaku usaha dalam menerapkan etika bisnis, faktor pendukung dan penghambat para pedagang dalam menjalankan etika bisnis, serta cerminan etika bisnis Islam terhadap kesuksesan usaha bisnis di dalamnya. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mendeksriptifkan hasil temuan dan pembahasan. Mengambil subjek para pedagang di lokasi penelitian Pasar Senggol, Tulungagung. Berdasarkah hasil penelitian ini, para pedagang di. Pasar Senggol sebagian besar telah menerapkan etika bisnis islam baik secara sadar dan tahu maupun tidak karena keterbatasan dan latar belakang mereka namun tetap ditemui oknum nakal yang mencurangi konsumen. Diperlukan kesadaran masing-masing individu untuk benar-benar menghentikan perilaku tersebut karena pengelola telah mengupakan pencegahan dengan mengadakan sosialisasi serta pengawasan dan pemberian sanksi bagi pelaku. Kata Kunci: Pasar Senggol, Etika Bisnis, Pedagang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1742143123 intan ika pertiwi
Date Deposited: 26 Apr 2019 04:06
Last Modified: 01 Apr 2020 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10324

Actions (login required)

View Item View Item