IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM (Studi Multi Situs di SDI An-Nahadl Tertek dan SDI Hidayatuth TholibinKecamatan Pare

NUR HUDA, 1755154036 (2019) IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM (Studi Multi Situs di SDI An-Nahadl Tertek dan SDI Hidayatuth TholibinKecamatan Pare. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Islam (Studi Multi Situs di SDI AnNahadl Tertek dan SDI Hidayathuth Tholibin Kecamatan Pare)” yang ditulis oleh Nur Huda dibimbing oleh Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M.Ag dan Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag Kata kunci: MetodeTilawati, Membaca Al-Qur’an. Penelitian disini dilatarbelakangi karena membaca Al-Qur’an memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam. SDI An-Nahadl Tertek dan SDI Hidayatuth Tholibin Pare merupakan dua lembaga dari sekian banyak lembaga pendidikan islam yang menerapkan metode tilawati dalam pembelajaran membaca AlQur’an menggunakan metode tilawati. Mempelajari Al-Qur’an bagi setiap umat islam merupakan suatu kewajiban, maka langkah pertama untuk mempelajari Al-Qur’an adalah membaca, seseorang yang dapat membaca tulisan maka langkah selanjutnya seseorang dapat menulis, dan dengan membaca orang akan hafal dengan abdjad hurufhuruf dasar. Karena itu dengan diterapkannya metode tilawati yang tidak cenderung monoton dan disukai anak karena cirri khasnya menggunakan lagu rost (merupakah salah satu jenis lagu dalam membaca Al-Qur’an) yang mudah dan sesuai apabila diterapkan pada usia anak, anak mampu menyerap pembelajaran dengan baik dan benar. (a) Pertanyaan penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah Bagaimana perencanaan metode pembelajaran Al-Qur'an Tilawati yang diterapkan SDI An-Nahadl Tertek dan SDI Hidayatuth Tholibin Pare? (b) Bagaimanakah tahapan-tahapan metode tilawati dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di SDI An-Nahadl Tertek dan SDI Hidayatuth Tholibin Pare? (c) Bagaimana hasil Implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kualitas pembelajaran al-qur’an di SDI An-Nahadl Tertek dan SDI Hidayatuth Tholibin Pare? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode pembelajaran Al-Qur'an Tilawati yang diterapkan SDI An-Nahadl Tertek dan SDI Hidayatuth Tholibin Pare (2) Untuk Mendeskripsikantahapan – tahapan metode tilawati dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di SDI An-Nahadl Tertek dan SDI Hidayatuth Tholibin Pare (3) Untuk mendeskripsikanhasil Implementasi metode tilawati dalam pembelajaran al-qur’an di SDI An-Nahadl Tertek dan SDI Hidayatuth Tholibin Pare. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualatitatif dengan jenis multi situs. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan kredibilitas data yang meliputi perpanjangan pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat. Setelah data terkumpul dilakukan analisis situs tunggal kemudian dilakukan dengan analisis lintas situs. Hasil temuan penelitian tesis ini adalah : Penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an dapat dilakukan dengan menerapkan (1) Dalam perencananan menggunakan program pembelajaran yang telah disediakan coordinator pusat, guru Pembina harus lulus munaqosah dan memiliki syahadah. (2) Tahapan tahapan metode tilawati keseluruhan menggunakan teknik klalsikal mulai kegiatan pembukaan, kegiatan inti yang terdiri dari tiga teknik yaitu guru membaca murid menirukan, guru membaca dan murid menirukan dan dibaca bersama – sama (3) Hasil penerapan metode tilawati menggunakan evaluasi (a) pre test, untuk mengetahui kemampuan membaca Al-qur’an sehingga mampu menggolongkan ketingkatan jilid (b) harian , dilaksanakan setiap hari untuk mengetahui perkembangan pambelajaran anak dalam membaca Al-qur’an dan kenaikan halaman jilid secara klasikal (c) kenaikan jilid. Dilaksanakan ketika jilid sudah khatam untuk mengetahui hasil belajar dan sebagai bahan pertimbangan apakah murid dapat naik ke jilid selanjutnya atau terlebih dahulu, evaluasi ini dilakuka secara individual

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 1755154036 NUR HUDA
Date Deposited: 18 Mar 2019 06:57
Last Modified: 18 Mar 2019 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10327

Actions (login required)

View Item View Item