PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DENGAN MEMANFAATKAN PERPUSTAKAN SEKOLAH (Studi Multi Kasus di SD Plus Rahmat Kota Kediri dan MI Perwanida Kota Blitar)

Anis Setyowati, 1755154006 (2019) PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DENGAN MEMANFAATKAN PERPUSTAKAN SEKOLAH (Studi Multi Kasus di SD Plus Rahmat Kota Kediri dan MI Perwanida Kota Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (356kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Peningkatan Mutu Pembelajaran Dengan Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah (Studi Multi Kasus di SD Plus Rahmat Kota Kediri dan MI Perwanida Kota Blitar)” ini ditulis oleh Anis Setyowati dengan dibimbing oleh Dr. H. Nur Kholis, M.Pd. dan Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, M.Pd. Kata Kunci: Mutu Pembelajaran, Perpustakaan Sekolah Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh rendahnya mutu pendidikan saat ini. Mutu pendidikan di sekolah atau madrasah harus ditingkatkan menjadi lebih baik dan berkualitas. Pendidikan dinyatakan bermutu apabila mampu menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Untuk membuat pembelajaran yang demikian tentunya tidak lepas dari bagaimana peran guru serta pemanfaatan sumber belajar. Salah satu sumber belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah perpustakaan sekolah. Dalam perpustakaan sekolah terkandung banyak sekali hal yang didapat sehingga pembelajaran akan aktif, dan inovatif. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait peningkatan mutu pembelajaran dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah. Penelitian ini berfokus pada peningkatan mutu pembelajaran dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah di SD Plus Rahmat Kota Kediri dan MI Perwanida Kota Blitar. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana konsep pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SD Plus Rahmat Kota Kediri dan MI Perwanida Kota Blitar? 2) Bagaimana implementasi pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SD Plus Rahmat Kota Kediri dan MI Perwanida Kota Blitar? 3) Bagaimana dampak pemanfaatkan perpustakaan sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SD Plus Rahmat Kota Kediri dan MI Perwanida Kota Blitar? Tujuan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah 1) Untuk mensintesiskan konsep pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SD Plus Rahmat Kota Kediri dan MI Perwanida Kota Blitar. 2) Untuk mensintesiskan implementasi pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SD Plus Rahmat Kota Kediri dan MI Perwanida Kota Blitar. 3) Untuk mensintesiskan dampak pemanfaatkan perpustakaan sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SD Plus Rahmat Kota Kediri dan MI Perwanida Kota Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan serta analisis data lintas kasus. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, ketekunan, triagulasi dan pengecekan sejawat.Hasil penelitian adalah (1) Konsep pemafaatan perpustakaan sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran digunakan sebagai sumber belajar (2) Implementasi pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam pembelajaran dilakukan guru dengan mengajak siswa keperpustakaan untuk mencari reverensi, mengerjakan tugas meresum buku, membaca buku, sebagai sarana edukasi, informasi dan rekreasi (3) Dampak pemanfaatan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan minat baca siswa, dilakukan dengan pengadaan program menarik yaitu gerakan literasi sekolah, kelas baca, pojok baca kelas, taman baca, kantong buku, one day one book, 15 menit membaca sebelum pelajaran, pustakawan cilik, serta pemberian reward bagi siswa yang sering berkunjung dan membaca di perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 1755154006 Anis Setyowati
Date Deposited: 27 Mar 2019 06:36
Last Modified: 27 Mar 2019 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10369

Actions (login required)

View Item View Item