Hasim Mujadi MA, 17506164032 (2019) PEMBELAJARAN AL-QUR`AN METODE `UṡMANI (Studi Multisitus di MI Perwanida Kota Blitar dan SDI Ma’arif Garum). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (958kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (277kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembelajaran Al Qur‟anMetode `Uṡ mani (Studi Multisitus di MI PERWANIDA Kota Blitar dan SDI MA‟ARIF Garum)” ini ditulis oleh Hasim Mujadi MA dengan dibimbing oleh Dr. H. Kojin, M.A dan Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. Kata Kunci : Proses, Evaluasi, Pembelajaran Al Qur‟an Metode `Uṡ mani. Penelitian tesis ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran Al Qur`an dengan menggunakan metode `Uṡ mani untuk anak-anak dikarenakan metode `Uṡ mani ini mempunyai karakter tegas, namun kondisi di Indonesia masih sangat memprihatinkan karena walaupun jumlah umat Islam sangat besar namun mutunya membaca Al-Qur`an sangat kecil, hal ini terindikasi dengan jumlah muslim yang mampu membaca Al-Qur`an dan mampu berakhlak sesuai dengan yang diajarkan Al-Qur`an tidak sesuai dengan jumlah umat Islam. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran Al-Qur`anmetode `Uṡ mani di Madrasah Ibtidaiyah Perwanida Kota Blitar dan Sekolah Daras Islam Ma‟arif Garum? (2) Bagaimana evaluasi pembelajaran Al-Qur`anmetode `Uṡ mani di Madrasah Ibtidaiyah Perwanida Kota Blitar dan Sekolah Daras Islam Ma‟arif Garum?Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana proses dan evaluasi pembelajaran Al-Qur`an metode `Uṡ mani di Madrasah Ibtidaiyah Perwanida Kota Blitar dan Sekolah Daras Islam Ma‟arif Garum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan, lokasi penelitiannya di Madrasah Ibtidaiyah Perwanida Kota Blitar dan Sekolah Daras Islam Ma‟arif Garum, sumber datanya didapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif situs tunggal dan situs ganda, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan derajat keterpercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini menyebutkan : (1) Proses Pembelajaran Al Qur‟anMetode `Uṡ manidi MI PERWANIDA Kota Blitardan SDI MA‟ARIF Garumsama-sama menggunakan metode individual, klasikal individual, klasikal baca simak, klasikal baca simak murni dengan langkah-langkah pembelajarannya sudah sama seperti yang ditentukan oleh Koordinator Pusat `Uṡ mani yaitu pembukaan, appersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan atau keterampilan, evaluasi dan penutup.Namun di MIPERWANIDA Kota Blitar belum menggunakan alat peraga sedangkan di SDI Ma‟arif Garum sudah menggunakan alat peraga. (2) Evaluasi Pembelajaran Al Qur‟anMetode `Uṡ mani di MI PERWANIDA Kota Blitardan SDI MA‟ARIF Garum sudah sesuai dengan standar evaluasi metode `Uṡ mani pusat. Yaitu terdiri dari evaluasi harian melalui buku prestasi siswa, evaluasi akhir juz dan evaluasi pra Tashih Akhir Santri (TAS), dan evaluasi Tashih Akhir Santri (TAS).Akan tetapi untuk MIPERWANIDA belum menggunakan kartu prestasi siswa. Sebagai gantinya, hasil evaluasi harian ditulis pada buku agenda guru. Di MI PERWANIDA Kota Blitar masih dua kali mampu melaksanakan TAS/ munaqasyah. Dan SDI Ma‟arif Garum sudah sering mengantarkan siswa TAS/munaqasyah.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17506164032 Hasim Mujadi MA |
Date Deposited: | 01 Apr 2019 04:45 |
Last Modified: | 01 Apr 2019 04:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10384 |
Actions (login required)
View Item |