AHMAD MAFTUHIN, 17506164003 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA RELIGIUS (Studi multi situs di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Kauman). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama: Ahmad Maftuhin, NIM. 17506164003, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menciptakan Budaya Religius (Studi Multi Situs Di SMPN 1 Tulungagung Dan SMPN 1 Kauman)”, Tesis 2018, Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Nur Kholis, M.Pd, dan Dr. H. Maftukhin, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Budaya Religius Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh pembentukan budaya religius selalu diawali dengan tantangan di lembaga pendidikan. Tetapi guru PAI yang mampu menjalankan perannya dengan baik mampu membangun budaya religius yang kokoh. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana peran Guru PAI sebagai pembimbing untuk menciptakan budaya religius di SMP Negeri 1 Tulungagung dan SMP Negeri 1 Kauman? (2) Bagaimana peran Guru PAI sebagai model (contoh) dalam menciptakan budaya religius di SMP Negeri 1 Tulungagung dan SMP Negeri 1 Kauman? (3) Bagaimana peran Guru PAI sebagai penasehat dalam menciptakan budaya religius di SMP Negeri 1 Tulungagung dan SMP Negeri 1 Kauman? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peran Guru PAI sebagai pembimbing untuk menciptakan budaya religius di SMP Negeri 1 Tulungagung dan SMP Negeri 1 Kauman. (2) peran Guru PAI sebagai model (contoh) dalam menciptakan budaya religius di SMP Negeri 1 Tulungagung dan SMP Negeri 1 Kauman. (3) peran Guru PAI sebagai penasehat dalam menciptakan budaya religius di SMP Negeri 1 Tulungagung dan SMP Negeri 1 Kauman. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multisitus, lokasinya di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Kauman, sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, datanya primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi partisipan, interview mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis situs tunggal dan analisis lintas situs, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian setelah diadakan analisis (1) Guru Pendidikan agama Islam sebagai pembimbing dalam menciptakan budaya religius mampu melakukan perannya membimbing anak didik jasmani maupun rohaninya dengan baik, jika dilakukan dengan cara menginternalisasikan nilai-nilai religius ke dalam diri anak didik. (2) Guru Pendidikan agama Islam sebagai model dalam menciptakan budaya religius mampu melakukan perannya dengan baik jika dilakukan dengan cara menjadi uswah bagi para anak didik, baik dalam bertutur kata, berperilaku maupun dalam mengambil keputusan. (3) Guru Pendidikan agama Islam sebagai penasehat dalam menciptakan budaya religius mampu melakukan perannya dengan baik jika dilakukan dengan cara memberikan dorongan dan motivasi kepada peserta didik supaya peserta didik bisa memahami dan mempraktikkan nilai-nilai yang sudah diinternalisasikan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17506164003 AHMAD MAFTUHIN |
Date Deposited: | 29 Mar 2019 06:39 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 06:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10386 |
Actions (login required)
View Item |