PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA RELIGIUS (Studi multi situs di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Kauman)

AHMAD MAFTUHIN, 17506164003 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA RELIGIUS (Studi multi situs di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Kauman). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama: Ahmad Maftuhin, NIM. 17506164003, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menciptakan Budaya Religius (Studi Multi Situs Di SMPN 1 Tulungagung Dan SMPN 1 Kauman)”, Tesis 2018, Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Nur Kholis, M.Pd, dan Dr. H. Maftukhin, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Budaya Religius Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh pembentukan budaya religius selalu diawali dengan tantangan di lembaga pendidikan. Tetapi guru PAI yang mampu menjalankan perannya dengan baik mampu membangun budaya religius yang kokoh. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana peran Guru PAI sebagai pembimbing untuk menciptakan budaya religius di SMP Negeri 1 Tulungagung dan SMP Negeri 1 Kauman? (2) Bagaimana peran Guru PAI sebagai model (contoh) dalam menciptakan budaya religius di SMP Negeri 1 Tulungagung dan SMP Negeri 1 Kauman? (3) Bagaimana peran Guru PAI sebagai penasehat dalam menciptakan budaya religius di SMP Negeri 1 Tulungagung dan SMP Negeri 1 Kauman? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peran Guru PAI sebagai pembimbing untuk menciptakan budaya religius di SMP Negeri 1 Tulungagung dan SMP Negeri 1 Kauman. (2) peran Guru PAI sebagai model (contoh) dalam menciptakan budaya religius di SMP Negeri 1 Tulungagung dan SMP Negeri 1 Kauman. (3) peran Guru PAI sebagai penasehat dalam menciptakan budaya religius di SMP Negeri 1 Tulungagung dan SMP Negeri 1 Kauman. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multisitus, lokasinya di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Kauman, sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, datanya primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi partisipan, interview mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis situs tunggal dan analisis lintas situs, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian setelah diadakan analisis (1) Guru Pendidikan agama Islam sebagai pembimbing dalam menciptakan budaya religius mampu melakukan perannya membimbing anak didik jasmani maupun rohaninya dengan baik, jika dilakukan dengan cara menginternalisasikan nilai-nilai religius ke dalam diri anak didik. (2) Guru Pendidikan agama Islam sebagai model dalam menciptakan budaya religius mampu melakukan perannya dengan baik jika dilakukan dengan cara menjadi uswah bagi para anak didik, baik dalam bertutur kata, berperilaku maupun dalam mengambil keputusan. (3) Guru Pendidikan agama Islam sebagai penasehat dalam menciptakan budaya religius mampu melakukan perannya dengan baik jika dilakukan dengan cara memberikan dorongan dan motivasi kepada peserta didik supaya peserta didik bisa memahami dan mempraktikkan nilai-nilai yang sudah diinternalisasikan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164003 AHMAD MAFTUHIN
Date Deposited: 29 Mar 2019 06:39
Last Modified: 29 Mar 2019 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10386

Actions (login required)

View Item View Item