MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (Studi Muliti Kasus Di MTs.N 1 Blitar dan SMPN 1 Srengat)

Nevi Retnoasih, 17501164015 (2018) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (Studi Muliti Kasus Di MTs.N 1 Blitar dan SMPN 1 Srengat). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (221kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV 1.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang menuntut pendidikan untuk mencari pemecahan permasalahan pendidikan nasional yang perlu segera dicari solusinya. Permasalah tersebut berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan, peningkatan efisiensi pengelolaan pendidikan, peningkatan relevansi pendidikan, pemerataan layanan pendidikan, dan pendidikan karakter. Solusi permasalahan tersebut menuntut para pakar pendidikan untuk meramu sebuah kurikulum yang tepat. Karena, salah satu komponen pendidikan yang menjadi tolok ukur dalam sebuah keberhasilan pendidikan nasional yaitu kurikulum. Kurikulum dalam interaksinya dengan perkembangan masyarakat dan ilmu pengetahuan selalu bersifat dinamis, kurikulum tidak hanya sebagai bagian yang menentukan perwujudan masyarakat masa depan sebagaimana dicita-citakan bangsa, tapi juga harus selalu mengikuti tuntutan perubahan, sehingga pengembangan kurikulum merupakan hal yang harus dilakukan oleh sekolah. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimanakah perencanaan pengembangan kurikulum di MTs.N 1 Blitar dan SMPN 1 Srengat? (2) Bagaimanakah pengorganisasian pengembangan kurikulum di MTs.N 1 Blitar dan SMPN 1 Srengat? (3) Bagaimanakah pelaksanaan pengembangan kurikulum di MTs.N 1 Blitar dan SMPN 1 Srengat? dan (4) Bagaimana pengawasan pengembangan kurikulum di MTs.N 1 Blitar dan SMPN 1 Srengat? Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: (1) perencanaan pengembangan kurikulum di MTs.N 1 Blitar dan SMPN 1 Srengat, (2) pengorganisasian pengembangan kurikulum di MTs.N 1 Blitar dan SMPN 1 Srengat., (3) pelaksanaan pengembangan kurikulum di MTs.N 1 Blitar dan SMPN 1 Srengat, dan (4) pengawasan pengembangan kurikulum di MTs.N 1 Blitar dan SMPN 1 Srengat. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan rancangan penelitian multi Kasus, Kasus I Manajemen pengembangan kurikulum di MTs.N 1 Blitar dan Kasus II Manajemen pengembangan kurikulum di SMPN 1 Srengat, sumber datanya informan dan dokumen, datanya primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data Kasus I dan Analisi data Kasus II akan dijadikan bahan temuan kasus I dan temuan kasus II yang digunakan penentuan proposisi lintas kasus yang selanjutnya dianalisis dalam lintas kasus. Hasil penelitian pada tesis ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pengembangan kurikulum MTs.N 1 Blitar/SMPN 1 Srengat memuat: latar belakang penyusunan pengembangan kurikulum, mereview visi misi dan tujuan pendidikan, rumusan isi kurikulum, proyek-proyek yang perlu dikerjakan, rancangan strategi dalam pembelajaran, racangan srategi bimbingan dalam menghadapi permasalahan, rancangan strategi penilaian untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang telah dicapai setelah pelaksanaan pengembangan kurikulum dan pembiayaan yang akan digunakan. Program pengembangan kurikulum MTs.N 1 Blitar/SMPN 1 Srengat, (2) Pengorganisasian Pengembangan Kurikulum MTs.N 1 Blitar/SMPN 1 Srengat mulai dalam perencanaan, pelaksaanan dan pengawasan dilakukan secara berkesinambungan untuk memberikan hasil yang maksimal. Pegorganisasian dilaksanakan secara internal pada seluruh warga madrasah/sekolah dan eksternal pada kegiatan asosiaisi atau workshop dan kerjasama dengan kemitraan, (3) Pelaksanan pengembangan kurikulum dilakukan di dalam pembelajaran dan kegiatan diluar untuk mendukung pencapaian tujuan pengembangan kurikulum yang dilakukan, (4) Pengawasan pengembangan kurikulum MTs.N 1 Blitar/SMPN 1 Srengat dilakukan dengan pemantauan dan penialaian untuk mengetahui pelaksnanaan pengembangan kurikulum. Pengawasan dilakukan mulai dari perencanaa, pengorganisasian, sampai pelaksanaan pengembangan kurikulum secara internal dan eksternal. Pemantauan yang dilakukan secara berkesinambungan untuk mendapatkan informasi pelaksanaan dan kendala untuk segera dicari solusinya. Penilaian dilakukan secara berkesinambungan untuk mengetahui keberhasilan pengembangan kurikulum. Dilihat hasil analisis mutu sekolah sebelum melakukan pengembangan kurikulum dan setelah melakukan pengembangan kurikulum menunjukkan peningkatan mutu sekolah. Dengan demikian maka manajemen pengembangan kurikulum yang telah dilakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan menghasilkan produks yang hasilnya dapat meningkatkan mutu Madrasah/sekolah

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Apr 2019 08:06
Last Modified: 14 Aug 2019 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10407

Actions (login required)

View Item View Item