MAIDATUL CHUSNA, 1725143166 (2019) PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM 2013 DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (702kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (821kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Maidatul Chusna, NIM 1725143166, Peran Guru dalam Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 di MIN 4 Tulungagung”, ini ditulis oleh Maidatul Chusna, dibimbing oeh Dita Hendriani,MA. Kata Kunci: Guru, Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013 Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pendidikan di Indonesia yang ada sekarang dalam keadaan belum berhasil sepenuhnya terutama dalam hal penanaman karakter pada peserta didik.Untuk mewujudkan hal tersebut, maka disusunlah kurikulum terbaru ini yaitu kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada kurikulum 2013 membutuhkan sosok yang bisa berperan dan tanggung jawab melaksanakan pendidikan karakter, yaitu guru. Peran guru dalam pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting, guru yang berada dibarisan terdepan dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Guru langsung berhadapan dengan peserta didik untuk mentrasfer ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus mendidik dengan nilai-nilai yang positif melalui bimbingan dan keteladanan. Penelitian ini berfokus pada peran guru sebagai motivator, model/teladan dan evaluator dalam melaksanakan pendidikan karakter pada kurikulum 2013 di MIN 4 Tulungagung. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah1) Bagaimana Peran Guru sebagai motivator dalam Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 di MIN 4 Tulungagung? 2) Bagaimana Peran Guru sebagai model/teladan dalam Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 di MIN 4 Tulungagung? 3) Bagaimana Peran Guru sebagai evaluator dalam menilai karakter siswa di MIN 4 Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan Peran Guru sebagai motivator dalam Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 di MIN 4 Tulungagung. 2) Untuk mendiskripsikan Peran Guru sebagai model/teladan dalam Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 di MIN 4 Tulungagung. 3) Untuk mendiskripsikan Peran Guru sebagai evaluator dalam menilai karakter siswa di MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data kasus tunggal dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi dan pengecekan sejawat. Tahap-tahap penelitian ini terdiri dari tahap pralapangan, tahap lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitiannya adalah(1) Peran guru sebagai motivator dalam pendidikan karakter pada kurikulum 2013 di MIN 4 Tulungagung dengan masingmasing karakter memotivasinya melalui; a) Religius, guru memotivasi dengan memberi nasehat kepada siswa, memberi tugas kepada siswa, memberi hadiah xx kepada siswa yang telah melakukan pembiasaan dan memberi hukuman. b) Disiplin, guru memotivasi dengan memberi tugas kepada siswa dan hukuman bagi siswa yang kurang disiplin. c) peduli sosial, guru memotivasi dengan memberi tugas untuk berbagi kepada sesama dan pemberian pujian bagi siswa yang telah membantu sesama.anak dan memberi penghargaan bagi hasil tugas anak. d) Tanggung jawab, guru memotivasi dengan memberi tugas kepada siswa, memberi pujian kepada siswa yang telah tanggung jawab dan memberi hukuman. e) cinta tanah air, guru memotivasi siswa untuk meningkatkan semangat nasionalisme (2) Peran guru sebagai model/teladan dalam pendidikan karakter pada kurikulum 2013 guru memberi teladan bagi siswa dengan; a) Religius; guru memberi teladan dengan guru juga ikut melasanakan kegiatan religius bersama dengan siswa. b) Disiplin; guru memberi teladan dengan guru ketika datang ke sekolah tepat waktu, dan guru memberikan nilai kepada siswa disiplin. c) Peduli social; guru memberi teladan dengan guru jika ada warga sekitar atau teman guru atau keluarga siswa yang meninggal maka guru akan takziah dan guru memberi teladan bersama siswa berbagi sumbangan terhadap siswa yang tidak mampu d) Tanggung jawab; guru melaksanakan tugasnya yang telah menjadi tanggung jawabnya. e) cinta tanah air, guru memberikan teladan dengan guru mengikuti mengucapkan bunyi pancasila bersama-sama (3) Peran guru sebagai evaluator dalam pendidikan karakter pada kurikulum 2013 yaitu guru mengevaluasi karakter dengan cara; a) Religius; guru menilai karakter siswa melalui pengamatan langsung, penilaian diri dan penilian antar teman. b) Disiplin; guru menilai karakter siswa melalui pembiasaan saharihari siswa.c) Peduli social; guru menilai karakter siswa melalui pengamatan langsung atau pengamatan dari temannya. d) Tanggung jawab; guru menilai karakter siswa melalui penilaian langsung kepada siswa dari tugas yang diberikan oleh guru. e)cinta tanah air guru menilai perubahan kecintaan terhadap tanah air melalui pengamatan langsung, pengamatan dari temannya, pengamatan orang tua atau masyarakat sekitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143166 Maidatul Chusna |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 09:07 |
Last Modified: | 06 Apr 2020 01:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10418 |
Actions (login required)
View Item |