LAYANAN MELALUI PERSONAL SELLING DALAM MEMINIMALISIR RISIKO PEMBIAYAAN (Studi Komparasi Pada Baitul Maal Wa Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Sukorejo Blitar dan Baitul Tamwil Muhammadiyah Surya Melati Abadi Ngadiluwih Kediri)

St Fatimatuz Zahro’, 1741143351 (2019) LAYANAN MELALUI PERSONAL SELLING DALAM MEMINIMALISIR RISIKO PEMBIAYAAN (Studi Komparasi Pada Baitul Maal Wa Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Sukorejo Blitar dan Baitul Tamwil Muhammadiyah Surya Melati Abadi Ngadiluwih Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (536kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)

Abstract

xv ABSTRAK Skripsi dengan judul “Layanan Melalui Personal Selling Dalam Meminimalisir Risiko Pembiayaan (Studi Komparasi Pada Baitul Maal Wa Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Sukorejo Blitar DanBaitul Tamwil Muhammadiyah Surya Melati Abadi Ngadiluwih Kediri)”ini ditulis oleh St Fatimatuz Zahro’, NIM1741143351, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,Pembimbing: Dr.Qomarul Huda, M. Ag. Penelitian ini di latarbelakangi oleh pesatnya pertumbuhan BMT atau lembaga keuangan yang setara dengan BMT, keadaan tersebut menjadikan timbulnya persaingan antar industri jasa keuangan yang sejenis. Persaingan yang terjadi tidak hanya bertumpu pada tingkat bagi hasil yang ditawarkan oleh lembaga keuangan, sehingga akan sulit berkembang jika hanya bertumpu pada produk-produk yang mereka tawarkan. Mereka harus melihat dari berbagai sisi yang mampu memberikan nilai lebih dimata calon nasabah atau anggota. Salah satunya dengan memberikan pelayanan yang maksimal guna untuk meminimalkan risiko pembiayaan. Fokus penelitian dalam skripsi ini 1) Bagaimana penerapan layanan melalui personal selling dalam meminimalisir risiko pembiayaan pada BMT UGT Sidogiri?. 2) Bagaimana penerapan layanan melalui personal selling dalam meminimalisir risiko pembiayaan pada BTM Surya Melati Abadi?. 3) Apa saja persamaan dan perbedaan penerapan layanan melalui personal selling pada kedua lembaga tersebut?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian komparatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data pada penelitian ini adalah induktifterdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan data. Hasil penelitian menyatakan bahwa sistem layanan melalui personal selling yang diterapkan lembaga BMT UGT Sidogiri dengan BTM Surya Melati Abadi mampu memenuhi kriteria kualitas pelayanan yang terdiri dari responsiveness (cepat tanggap), assurance (kepercayaan), tangible (tampilan), emphaty (perhatian) dan reliability (kehandalan). Beberapa tahapan dalam pemberian pembiayaan kedua lembaga lebih fokus pada prinsip karakter (character), usaha (capacity) dan jaminan (callateral). Persamaan dan perbedaan dalam penerapan layanan melalui personal selling dalam meminimalkan risiko dapat terlihat melalui strategi yang digunakan oleh kedua lembaga tersebut, namun teknik dan cara yang ditempuh untuk mendapatkan semua data tersebut menggunakan kebijakan BMT tersendiri. Kata kunci: Analisis Komparasi, Layanan personal Selling, Risiko Pembiayaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 1741143351 St Fatimatuz Zahro’
Date Deposited: 10 Apr 2019 06:41
Last Modified: 10 Apr 2019 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10422

Actions (login required)

View Item View Item