STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MAN 2 TULUNGAGUNG

SALMA LAILIA MAGHFUROH, 17201153502 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islma (SKI) di MAN 2 Tulungagung” yang ditulis oleh Salma Lailia Maghfuroh, NIM 17201153502, pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata kunci: Strategi Guru PAI, Pemahaman Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran sejarah kebudayaan Islam dengan menerapkan beberapa metode pembelajaran guna meningkatkan pemahaman siswa. Adanya beberapa sebab yang memengaruhi pemahaman siswa khususnya dalam pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Mulai dari persepsi siswa terhadap pelajaran sejarah kebudayaan islam yang dianggap membosankan dan sulit karena memuat bahasan materi yang panjang. Selain itu, siswa yang memiliki gaya belajar yang berbeda dalam menerima materi pelajaran. Dari salah satu prinsip dari kurikulum 2013 yang mengembangkan siswa aktif dalam pembelajaran. Dari pihak sekolah sendiri sudah memberi berbagai fasilitas dan dukungan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Untuk itu perlu dikaji strategi pembelajaran yang tepat dan bisa menarik perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sejarah kebudayaan Islam dan strategi yang dapat membuat proses pembelajaran sejarah kebudayaan Islam lebih efektif dan efisien, sehingga pemahaman siswa dapat meningkat. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana dampak strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana hambatan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAN 2 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji langkah-langkah strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAN 2 Tulungagung, (2) Untuk mengkaji dampak strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAN 2 Tulungagung, dan (3) Untuk mengkaji hambatan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lokasi penelitiannya di MAN 2 Tulungagung. sumber datanya di dapat melalui sumber data primer dari peneliti sendiri dan sumber data sekunder dari tiga unsur yaitu person, place dan paper. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptifyang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Menggunakan prinsip pertimbangan pemilihan strategi yang meliputi tujuan pembelajaran, pengetahuan dan aktivitas awal siswa, alokasi waktu, cangkupan materi/pokok bahasan, sarana penunjang, karakteristik siswa, pengalaman dan kewibawaan guru, selanjutnya langkah langkah strategi yaitu strategi pengorganisasian pembelajaran, meliputi pembuatan urutan penyajian materi yang akan dibahas dan apa saja yang harus dikaji dalam presentasi. Strategi penyampaian pembelajaran, meliputi penggunaan media atau sarana penunjang dalam pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini serta kemampuan siswa dalam berinteraksi dengan tekologi tersebut sebagai media belajar. Strategi pengelolaan pembelajaran, meliputi penjadwalan penggunaan strategi (pengaturan alokasi waktu dalam menggunakan metode-metode pembelajaran), pembuatan catatan kemajan siswa, pengelolaan motivasional, kontrol belajar. (2) Penggunaan metode yang variatif dalam strategi pembelajaran dapat membuat pemahaman siswa meningkat dan siswa sekaligus melatih keberaniannya, tanggung jawabnya, penguasaan materi, dan lain-lain. (3) Jam pelajaran sejarah kebudayaan Islam yang terletak di jam siang dan terpotong dengan kegiatan sholat zuhur serta kedisipilinan siswa yang kurang dalam masuk kelas tepat waktu, selain itu persepsi siswa tentang pelajaran sejarah kebudayaan Islam yang menjenuhkan dan memuat terlalu banyak bahasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153502 SALMA LAILIA MAGHFUROH
Date Deposited: 11 Apr 2019 04:23
Last Modified: 11 Apr 2019 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10431

Actions (login required)

View Item View Item