FEBYANA PUSPANDARI, 17201153267 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM 2013 DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMAN 1 PANGGUL TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (632kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam \ Kurikulum 2013 dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMAN 1 Panggul”yang ditulis oleh Febyana Puspandari dengan dibimbing oleh Muhammad Ridhlo Al-Qodri Sri Utomo M.A Kata Kunci :Strategi Pembelajaran Agama Islam,Kurikulum 2013 ,Karakter Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah/madrasah belum berperan sebagaiamana fungsinya ,yaitu terbentuknya karakter peserta didik yang berakhlak mulia .Para pendidik di sekolah/madrasag belum sepenuhnya memposisikan diri sebagai pendidik agama yakni sebagai panutan atau teladan bagi peserta didik dalam bersikap dan berperilaku ,sehingga pembiasaan akhlak mulia belum maksimal .Oleh karena itu ,sudah seharusnya kita sebagai pendidik merencanakan suatu strategi dengan pola perencanaan yang berisikan rangkaian kegiatan atau tindakan pembelajaran yang dipilih dan digunakan pendidik secara konstektual sesuai dengan karakteristik peserta didik ,kondisi sekolah,lingkungan sekitar.Termasuk metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan khusus pembelajaran tertentu yang dirumuskan dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran Agama Islam. Berdasarkan konteks penelitian dan observasi awal dilapangan,fokus penelitian skripsi ini adalah strategi pembelajaran agama islam berbasis kurikulum 2013 dalam membentu karakter peserta didik di SMAN 1 Panggul Trenggalek.Pertanyaan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Agama Islam berbasis kurikulum 2013 dalam membentuk karakter peserta didik?; (2) Bagaimana hambatan dalam penerapan strategi pembelajaran agama islam berbasis kurikulum 2013 dalam membentuk karakter peserta didik? Penelitian ini menggunakaakan pendekatan kualitatif natralistic, lokasinya di SMAN 1 Panggul Trenggalek, sumberdatanya data primer dan data sekunder, tekhnik pengumpulan datanya dengan observasi, interview, dan dokumentasi.Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian ini, maka diadakan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, diskusi teman sejawat, triangulasi data dan triangulasi sumber data. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis data multi situs yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimplan dan verifikasi. Dari hasil penelitian, Penulis menyimpulkan bahwa : (1) Pendekatan pembelajaran Agama Islam berbasis kurikulum 2013 yang digunakan oleh pendidik dalam membentuk karakter peserta didik di SMAN 1 Panggul Trenggalek adalah : (a) Strategi yang digūnakan yaiu pemecahan masalah (b) Hambatan dalam penerapannya adalah ketidak siapan mental pendidik maupun peserta didik serta sarana prasarananya belum memadai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153267 FEBYANA PUSPANDARI |
Date Deposited: | 29 Apr 2019 07:13 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 07:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10460 |
Actions (login required)
View Item |