UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH SISWA DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG

MOHAMMAD LUQMAN HAKIM, 17201153118 (2019) UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH SISWA DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Berjamaah Siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Mohammad Luqman Hakim, 2015, NIM 17201153118, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, , IAIN Tulungagung yang di bimbing oleh Bapak Drs Nurul Hidayat, M.Ag Kata kunci: Upaya, Guru Fiqih, dan Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Berjamaah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pendidikan keagamaan pada saat ini pada zaman yang berat di mana anak-anak banyak yang kurang begitu faham dengan pembelajaran agama dan fadilah shalat berjamaah. Padahal dengan shalat berjamaah dapat melatih siswa menjadi muslim yang taat agama dan mempunyai jiwa sosial yang tinggi dengan lingkungan sekitar. Hal ini disebabkan siswa sibuk dengan kegiatan sekolah, sehingga banyak sekali siswa yang kurang disiplin dalam shalatnya terlebih shalat berjama’ah. Di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon guru fiqih berupaya dapat mendisiplinkan dan mengajarkan shalat berjamaah siswanya terutama saat dhuha dan shalat dhuhur disekolah. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah : (1) Bagaimana upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon kecamatan sumbergempol? (2) bagaimana hambatan-hambatan upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon kecamatan sumbergempol? (3) bagaimana dampak upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon kecamatan sumbergempol? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon kecamatan sumbergempol. (2) untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan guru fiqih dalam upaya meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon kecamatan sumbergempol. (3) untuk mendeskripsikan dampak upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon kecamatan sumbergempol. Penelitian ini disusun menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh keterangan melalui tanya jawab kepada guru fiqih, kepala sekolah, waka kurikulum, dan waka kesiswaan. Observasi digunakan untuk mengamati secara langsung kegiatan siswa terutama mengenai shalat berjamaah di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon dan dokumentasi yang berkaitan dengan kedisiplinan shalat berjamaah siswa. Setelah penulis mengadakan penelitian memperoleh hasil bahwa : (1) upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa: melalui metode pengajaran, pembiasaan sehari-hari di sekolah dan melalui hukuman pada siswa yang kurang disiplin. (2) hambatan-hambatan upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa: kurangnya kesadaran dari siswa, kurangnya sarana yang dimiliki, kurangnya keteladanan guru dalam memberi contoh, kurangnya kerja sama antar guru, dan kurangnya perhatian dan dukungan orang tua (3) Dampak upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa: menjadi anak yang disiplin shalat, bisa membagi waktu shalat, tumbuh sikap patuh terhadap guru, tumbuh sikap patuh terhadap guru, tertib dala m melakukan shalat sehingga tidak bolong-bolong, adanya silaturahmi antar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: skripsi 17201153118 Mohammad Luqman Hakim
Date Deposited: 23 Apr 2019 06:34
Last Modified: 09 Apr 2020 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10509

Actions (login required)

View Item View Item