PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI EKONOMI KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kerajinan Batu Alam Wall Cladding di UD Arjuna Stone Desa Sawo Campurdarat Tulungagung)

AHMAD RIZAL FAUZI, 17402153488 (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI EKONOMI KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kerajinan Batu Alam Wall Cladding di UD Arjuna Stone Desa Sawo Campurdarat Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Ekonomi Kreatif Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Kerajinan Batu Alam Wall Cladding di UD Arjuna Stone Desa Sawo Campurdarat Tulungagung) ini ditulis oleh Ahmad Rizal Fauzi, NIM 17402153488. Pembimbing Dr. Nur Aini Latifah, SE.,MM. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya ekonomi kreatif di Tulungagung salah satunya kerajinan batu alam atau batu marmernya dan pemanfaatan limbah batu alam tersebut telah dikreasikan sebagai suatu produk yang lebih bernilai salah satunya dibuat sebagai kerajinan wall cladding seperti yang dilakukan oleh UD Arjuna Stone. Dalam pemerdayaan ini mulai dari remaja sampai yang 50 keatas masih bisa berpartisipasi. Fokus penelitian ini yaitu: (1) tahap pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kreatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, (2) dampak adanya pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kreatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, (3) kendala dan solusi pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kreatif untuk meningkatkan kesejahteraan, (4) pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kreatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian studi kasus. sumber data dari penelitian ini yaitu data primer dan skunder, metode pengumpulan data menggunkan data observasi, interview dan juga dokumentasi. Dimana data yang telah diperoleh di analisis melalui tahap reduksi data, pemaparan data dan terakhir penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan melalui ekonomi kreatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Sawo, UD Arjuna Stone melakukan tahap-tahap pemberdayaan masyarakat mulai dari penyadaran, pemberian kemampuan, dan peningkatan kemampuan masyarakat. Dampak positif pemberdayaan masyarakat ini dapat membuka lapangan pekerjaan baru, menambah pendapatan masyarakat, menambah kualitas pendidikan dan keadaan sosial masyarakat. Dampak negatif yang terjadi suara bising dan debu. Kendala dalam pemberdayaan masyarakat UD Arjuna Stone yaitu kurangnya pengetahuan, pola berfikir, dan dalam praktiknya. Solusi yang dilakukan UD Arjuna Stone dengan memberikan pengarahan-pengarahan dalam proses pembuatan kerajinan. Pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kreatif ini jika di lihat dari prespektif ekonomi islam sesuai dengan prinsip persaudaraan dan keadilan sosial. Dari dampak yang terjadi menunjukan masyarakat lebih sejahtera sesuai dengan indikator kesejahteraan secara materil dan spiritual sesuai dengan Q.S Al Qashash ayat 77. Kata kunci: Pembardayaan masyarakat, ekonomi kreatif, Kesejahteraan masyarakat dan ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: skripsi 17402153488 Ahmad Rizal Fauzi
Date Deposited: 23 Apr 2019 02:41
Last Modified: 26 Mar 2020 12:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10525

Actions (login required)

View Item View Item